Indonesia » Seremonial

Pesan Waisak 2559 EB Sangha Mahayana Indonesia

Selasa, 2 Juni 2015

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Kemerosotan nilai cinta kasih, konflik yang terjadi di belahan dunia, dan bencana alam menjadi perhatian khusus Sangha Mahayana Indonesia dalam Pesan Waisak 2559 Era Buddhis tahun 2015 ini.

sangha mahayana indonesia

Dengan mengangat tema Waisak 2559 EB: “Berkah Waisak 2559 BE/2015 Membawa Perdamaian Bagi Semesta“, Sangha Mahayana Indonesia juga mengajak untuk membangun bangsa Indonesia ini, dengan membangkitkan semangat bodhisattva dari dalam diri, berjuang untuk kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

Berikut Pesan Waisak 2559 EB / 2015 Sangha Mahayana Indonesia yang dikeluarkan pertengahan Mei lalu dan ditandatangani oleh Sangha Nayaka (Ketua Umum) Sangha Mahayana Indonesia, Y.M. Bhiksu Kusala Sasana Mahastavira.

Pesan Waisak 2015
Sangha Mahayana Indonesia

Namo Sakyamuni Buddhaya

Peristiwa demi peristiwa terus mewarnai hari-hari kita. Tahun demi tahun berjalan begitu cepat. Tak terasa kita kita berkumpul lagi bersama-sama memperingati Waisak bersama Sangha Mahayana Indonesia.

Adapun tema waisak kali ini adalah “Berkah Waisak 2559 BE/2015 Membawa Perdamaian Bagi Semesta”

Seperti kita ketahui bahwa saat ini, nilai-nilai cinta kasih hampir mengalami kemerosotan dan kehidupan beragama yang harmonis sudah sangat memprihatinkan.

Mari kita melihat sejenak kilas balik ke jaman kejayaan Sriwijaya dan Majapahit, dimana kehidupan bermasyarakat dan bernegara dapat begitu harmonis, kerukunan umat beragama dan kehidupan penuh toleransi dan gotong royong, membuat aspek kehidupan penuh dengan cinta kasih dan kasih sayang. Dapat tercermin dalam praktek kehidupan sehari-harinya.

Saat ini di belahan dunia, sedang terancam keutuhan kehidupan beragama dan berbangsa karena terjadi pecahnya perang saudara bahkan lebih memprihatinkan pembunuhan atas nama agama.

Berbagai bencana juga melanda berbagai tempat termasuk negara yang penuh dengan kedamaian seperti Nepal juga tertimpa bencana gempa bumi yang hebat menelan banyak korban berjatuhan.

Tetapi dari sini kami mampu membuka mata kami, kebajikan dan uluran tangan dari berbagai daerah, negara berdasarkan kemanusiaan dan praktek cinta kasih yang universal terlepas dari masalah agama dan keyakinan. Semua lapisan bahu membahu membenahi kembali sarana dan prasaran yang rusak.

Masih banyak mereka yang memiliki benih buddha dalam dirinya demi membantu sesama dan praktek di jalan bodhisattva.

Marilah kita bersama membangun bangsa Indonesia ini, dengan membangkitkan semangat bodhisattva dari dalam diri, berjuang untuk kehidupan yang jauh lebih baik lagi.

Bersama membangun pondasi dasar kehidupan yang bermoral, penuh sifat luhur dari bodhisattva dengan cinta kasih, semangat, kebijaksanaan dan telad mulianya.

Semoga semangat kebaikan dapat kembali berkobar dalam diri kita semua. Sehingga kedamaian bagi semesta dapat tercipta.

Semoga semua mahluk hidup berbahagia.

Selamat Hari Waisak Bagi kita semua.

Bhiksu Kusala Sasana Mahastavira
Sangha Nayaka Sangha Mahayana Indonesia


Sangha Mahayana Indonesia sendiri telah mengadakan perayaan Vesak bersama pada 24 Mei 2015.[Bhagavant, 2/6/15, Sum]

Kata kunci: , , , , ,
Penulis: