Eropa » Inggris Raya

Perayaan Vesak 2015 di Vihara London, Inggris Raya

Kamis, 7 Mei 2015

Bhagavant.com,
London, Inggris Raya – Hari Raya Vesak (Waisak) tidak hanya diperingati dan dirayakan di Asia, tetapi juga di Eropa. Salah satunya perayaan Vesak 2015 (2559 EB) yang diselenggarakan di Vihara London (London Buddhist Vihara), di Inggris Raya, pada Minggu (3/5/2015).

Pengibaran bendera Buddhis awali perayaan Vesak 2015 di Vihara London, Inggris Raya, Minggu (3/5/2015).
Pengibaran bendera Buddhis awali perayaan Vesak 2015 di Vihara London, Inggris Raya, Minggu (3/5/2015). Foto: Sri Express

Sejumlah besar umat Buddhis dari Sri Lanka dan diasporanya, warga Inggris, serta komunitas lain yang tinggal di London, menghadiri perayaan Vesak 2559 di Vihara London yang dimulai pada pukul 9.00 pagi waktu setempat.

Perayaan peringatan kelahiran Pangeran Siddhattha Gotama, pencerahan Petapa Gotama, dan parinibbana-nya Buddha Gotama tersebut diawali dengan pengibaran bendera Buddhis oleh Pelaksana Tugas Komisaris Tinggi untuk Sri Lanka Dr. Chanaka Talpahewa, diiringi dengan pembacaan paritta oleh Maha Sangha.

Seperti yang dilansir Sri Express, Rabu (6/5/2015), setelah penyalaan pelita tradisional oleh para tamu undangan, Kepala Vihara London sekaligus Ketua Sangha Nayaka Inggris Raya, Y.M. Bhikkhu Bogoda Seelawimala Nayaka Thera melakukan pembacaan Atthasila (delapan sila) kepada lebih dari 250 orang yang mengambil Atthasila untuk hari itu dan Pancasila untuk umat lainnya.

Dalam nasihatnya, Y.M. Bhikkhu Bogoda Seelawimala mengatakan bahwa Vesak secara tradisi dikaitkan dengan kelahiran, pencerahan dan wafatnya Sri Buddha, yang meninggalkan kehidupan yang mewah untuk memecahkan teka-teki alam semesta dan membawa kebahagiaan bagi umat manusia serta makhluk lainnya.

Anggota sangha lain, Y.M. Bhikkhu Thawalama Bandula Thera membacakan Buddha Vandana atau penghormatan kepada Buddha.

Umat Buddhis mendengarkan ceramah Dhamma saat perayaan Vesak di Vihara London, Minggu (3/5/2015).
Umat Buddhis mendengarkan ceramah Dhamma saat perayaan Vesak di Vihara London, Minggu (3/5/2015). Foto: Sri Express

Setelah istirahat singkat untuk secangkir teh, Y.M. Bhikkhu Dedunupitiye Upananda Thera menyampaikan khotbah berjudul “Hidup di dunia namun tidak tersentuh oleh dunia”.

Pada tengah hari, Y.M. Bhikkhu Kalugamuwe Kassapa Thera memimpin para umat untuk melakukan Buddha Puja. Dan setelah itu diselenggarakan persembahan Dana kepada para bhikkhu, upasaka dan upasika yang mempraktikkan atthasila, para umat Buddhis lainnya disediakan makan siang vegetarian.

Kemudian di sore hari, Y.M. Bhikkhu Konwewe Ariyarathana Thera menyampaikan ceramah Dhamma menjelaskan secara rinci konsep Bodhi dan Pencerahan.

Di salah satu kesempatan, Presiden dan para anggota komite Asosiasi Wanita Sri Lanka di Inggris menyumbangkan oven microwave yang sangat dibutuhkan kepada vihara.

Perayaan Vesak selanjutnya berupa ceramah kunci: “Tren Kemajuan Medis dalam Cahaya Dhamma” (The Trend of Medical Advances in the Light of the Dhamma), yang disampaikan oleh Profesor Geoffrey Hunt, seorang Profesor Filsafat di University College St. Mary, Twickenham. Ia merupakan mantan profesor Etika dan Kapelan Buddhis di Universitas Surrey. Kapelan (Inggris: chaplain): agamawan yang bertugas untuk kelompok khusus seperti pada universitas, tentara, penjara.

Profesor Geoffrey Hunt (kanan, berdiri) , memberikan ceramah kunci tentang tren kemajuan medis, pada umat Buddhis di Vihara London, Minggu (3/5/2015).
Profesor Geoffrey Hunt (kanan, berdiri) , memberikan ceramah kunci tentang tren kemajuan medis, pada umat Buddhis di Vihara London, Minggu (3/5/2015). Foto: Sri Express

Kegiatan dilanjutkan dengan ceramah Dhamma dalam bahasa Sinhala oleh Y.M. Bhikkhu Thawalama Bandula Thera. Kemudian semua bhikkhu berpartisipasi dalam pelantunan paritta.

Menjelang berakhirnya perayaan, Y.M. Bhikkhu Bogoda Seelawimala menyampaikan punya-anumodana (bersimpati terhadap jasa kebaikan) untuk semua orang yang telah membantu dengan berbagai cara untuk mengatur program kegiatan hari itu.

Perayaan Vesak 2015 di Vihara London diakhiri dengan menampilkan nyanyian pujian
Perayaan Vesak 2015 di Vihara London diakhiri dengan menampilkan nyanyian pujian. Foto: Sri Express

Perayaan Vesak 2015 di Vihara London diakhiri dengan menampilkan Bhakthi Geetha (gita puja/lagu pujian) yang dipersembahkan oleh para guru dan orang tua dari Sekolah Dhamma Rahula serta umat lainnya.

Vihara London didirikan pada tahun 1926 oleh Anagarika Dharmapala, merupakan vihara Sri Lanka pertama yang didirikan di luar Asia.[Bhagavant, 7/5/15, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: