Indonesia » Lingkungan Hidup » Pelayanan Buddhis

Buddha Tzu Chi Bersihkan Sampah di Kirab Jokowi

Selasa, 21 Oktober 2014

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Kirab budaya menyambut pelantikan Ir. Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden RI Ke-7 masa bakti 2014-2019, yang diselenggarakan pada Senin (20/10/2014), di Jakarta, disambut oleh warga masyarakat dengan antusias dengan ikut berpartisipasi di dalamnya.

Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi melakukan kegiatan membersihkan jalan saat kirab budaya pelantikan Presiden joko Widodo, Senin (20/10/2014).
Relawan Yayasan Buddha Tzu Chi melakukan kegiatan membersihkan jalan saat kirab budaya pelantikan Presiden joko Widodo, Senin (20/10/2014). Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya

Tapi, berbeda dengan kalangan warga masyarakat lain yang mengekspresikan kegembiraan menyambut presiden baru dengan melakukan konser musik, mengusung bendera merah putih raksasa, hingga parade pakaian hias, para relawan dari Yayasan Buddha Tzu Chi justru melakukan sebuah kerja nyata yang patut dipuji dan diteladani, yaitu membersihkan sampah.

Para relawan atau sering disebut dengan insan Buddha Tzu Chi Indonesia tersebut menyambut pelantikan Presiden Jokowi dengan membersihkan sampah bekas kirab budaya yang berlangsung dari Bundaran Hotel Indonesia hingga Istana Negara, Jakarta.

“Kami kerahkan 65 orang untuk memungut sampah sejak dari Bundaran Hotel Indonesia sampai depan Istana Negara,” kata Joe Riady, koordinator relawan Yayasan Buddha Tzu Chi, seperti yang dikutip dari Tempo, Senin sore (20/10/2014).

Dengan membawa kantong plastik besar, para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi membersihkan sampah saat kirab budaya pelantikan Presiden Joko Widodo.
Dengan membawa kantong plastik besar, para relawan Yayasan Buddha Tzu Chi membersihkan sampah saat kirab budaya pelantikan Presiden Joko Widodo. Foto: Twitter TMC Polda Metro Jaya

Dengan mengenakan pakaian biru putih dan abu-abu putih, topi putih khas Tzu Chi, serta sarung tangan, para relawan dengan peralatan standar, menelusuri jalan untuk membersihkan sampah dengan memasukkannya ke dalam kantong plastik hitam.

Menurut Joe, para relawan Tzu Chi sudah bersiap di Bundaran Hotel Indonesia sejak pukul 10.00 WIB. Kantong plastik warna hitam berukuran besar yang ia sediakan berjumlah 200 lembar. Sepanjang kirab, para relawan menyebar dengan membawa kantong plastik tersebut. Pukul 16.00 WIB, aksi pembersihan sampah sudah berakhir. “Total ada 180 kantong sampah yang terisi penuh,” kata Joe Riady Shixiong (sebutan khas Tzu Chi yang berarti saudara atau kakak atau senior).

Aksi simpati para relawan Buddha Tzu Chi tersebut mendapatkan pujian dari berbagai kalangan khususnya di media sosial setelah Twitter dari Traffic Management Center (TMC) Polda Metro Jaya mengunggah foto-foto para relawan tersebut dalam aksinya memungut sampah.

Apa yang dikerjakan oleh para relawan Buddha Tzu Chi ini merupakan salah satu wujud nyata dari apa yang diserukan oleh Presiden Jokowi dalam pidato pelantikannya kepada rakyat Indonesia agar bekerja, bekerja dan bekerja.[Bhagavant, 21/10/14, Sum]

Kata kunci:
Penulis: