Indonesia

Kaleidoskop Berita Buddhis Tahun 2013

Rabu, 1 Januari 2014

Bhagavant.com, Jakarta, Indonesia – Tahun 2013 yang telah berlalu merupakan tahun yang cukup ”bising” bagi dunia Buddhis dengan adanya berbagai peristiwa yang mengejutkan berskala nasional maupun internasional yang berkaitan dengan umat Buddhis sebagai bagian dari masyarakat dunia.

Kaleidoskop Berita Buddhis Tahun 2013
Kaleidoskop Berita Buddhis Tahun 2013

Berikut beberapa peristiwa yang menjadi perwakilan berita Buddhis sepanjang tahun 2013 yang ada dalam pantauan Berita Buddhis Bhagavant.

Januari 2013

1 Januari 2013. Meditasi dan baca paritta jadi tren sambut Tahun Baru. Mengawali tahun baru dengan melantunkan paritta dan bermeditasi kini menjadi tren di kalangan umat Buddha di Thailand dan vihara-vihara afiliasinya di luar negeri yang juga dapat bergabung untuk melaksanakan hitung mundur Tahun Baru dengan “Buddhist Style”.

22 Januari 2013. Perusahaan Belanda minta maaf atas toilet bergambar Buddha. Melalui Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Thailand, Perusahaan Boels Rental. perusahaan toilet portabel di Belanda meminta maaf atas kelengahannya telah menggunakan gambar Buddha di pintu toilet produksinya yang memicu reaksi masyarakat Thailand.

Februari 2013

17 Februari 2013. Alasan “Invasi Budaya” Iran menyita rupaka Buddha. Dengan alasan “invasi budaya”, aparat pemerintah Iran dilaporkan telah menyita rupaka-rupaka (patung-patung) Buddha dari toko-toko di ibu kota Iran, Tehran untuk menghentikan promosi Buddhisme.

25 Februari 2013. Buku Buddhis jadi buku terlaris teratas di Korea Selatan. Buku karya Bhiksu Haemin yang berjudul “Yang Akhirnya Anda Lihat Saat Anda Berhenti” (Korea: 멈추면, 비로소 보이는 것들 – Meomchumyeon, Biloso Boineun Geosdeul), menjadi buku terlaris di Korea Selatan untuk tahun 2012-2013.

28 Februari 2013. Hong Kong serukan tindak keras bagi visa para bhiksu palsu. Kepolisian Hong Kong menginginkan pihak imigrasi untuk menindak keras para bhiksu palsu yang bekerja layaknya pengemis.

Maret 2013

25 Maret 2013. Sebuah surat resmi permintaan maaf dikirimkan oleh Komunitas Protestan Korea kepada kepala Vihara Donghwa (Donghwasa), Y.M. Bhiksu Sungman, atas perilaku buruk pendeta Gereja Protestan Korea, Seong, yang mengencingi altar di sebuah aulanya, merusak buku puja bakti dan melakukan vandalism dengan menulis kata kasar di lukisan dinding dengan spidol permanen.

April 2013

8 April 2013. Jubah bhikkhu rawan disalahgunakan untuk kejahatan. Jubah para bhikkhu ataupun bhiksu tidak jarang dijadikan sebagai alat untuk melakukan tindakan kejahatan, terutama di negara-negara yang memiliki sejumlah besar penduduknya yang beragama Buddha, seperti di Tibet, Thailand, Birma (Myanmar), Sri Lanka, Taiwan, hingga China.

Mei 2013

25 Mei 2013. Belajar dari kacaunya seremonial Vesak 2557 di Borobudur. Di balik akbarnya perayaan Vesak (Waisak) 2557 di Candi Borobudur tahun ini, meninggalkan kesan yang kurang baik karena situasi kacau akibat ketidakteraturan para wisatawan lokal dan mancanegara yang menghadiri seremonial tersebut.

Juni 2013

19 Juni 2013. Maha Lawkamarazein (Mahā Lokamārajina), Kitab Tipitaka terbesar di dunia diakui dan masuk dalam Daftar Memori Dunia Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa- Bangsa (UNESCO)

26 Juni 2013. Majalah TIME edisi 1 Juli 2013 yang isinya memuat artikel berjudul ”When Buddhists Go Bad” yang ditulis oleh Hannah Beech, dikecam oleh berbagai kalangan umat Buddha di dunia karena dinilai tidak berimbang dalam menyampaikan fakta yang ada terhadap konflik komunal di Birma.

Juli 2013

7 Juli 2013. Ledakan di kompleks Vihara Mahabodhi Bodh Gaya, India. Sembilan hingga sepuluh ledakan bom berdaya ledak rendah terjadi di dalam dan di sekitar kompleks Vihara Mahabodhi yang mengakibatkan sedikitnya 2-5 orang terluka. Badan Investigasi Nasional India mengumumkan bahwa Mujahidin India bertanggung jawab atas pengeboman tersebut. Namun sehari setelahnya Vihara Mahabodhi kembali dibuka untuk umum.

Agustus 2013

4 Agustus 2013. Ledakan berdaya rendah di Vihara Ekayana, Jakarta, mengakibatkan 3 orang terluka ringan. Untuk pertama kalinya vihara Indonesia menjadi target teror bom.

10 Agustus 2013. Somdet Phra Buddhacarya (Somdej Pra Phutthachan) atau dikenal dengan Somdet Kiaw (Somdej Kiew), Pengganti Sementara Sangharaja Thailand, mangkat di usia 85 tahun di Rumah Sakit Samitivej, Bangkok.

September 2013

5 September 2013 Konklaf Konfederasi Buddhis Internasional Ke-1, 2013 di Delhi, untuk membahas permasalahan yang sedang dihadapi oleh lebih dari 400 juta umat Buddha di seluruh dunia dan juga untuk mendiskusikan penyebab umum dari perubahan iklim hingga terorisme global.

26 September 2013. Himpunan Mahasiswa Buddhis Indonesia melayangkan sebuah surat terbuka perihal penuntasan dugaan kasus korupsi di Direktorat Jendral Bimbingan Masyarakat Buddha (Ditjen Bimas Buddha) Kementerian Agama Republik Indonesia yang berujung dibawanya kasus ini ke Komisi Pemberntasan Koripsi (KPK) pada 6/12/2013.

29 September 2013. Guru meditasi Vipassana terkemuka di dunia, Satya Narayan Goenka (S. N. Goenka), wafat dengan tenang karena usia tua di usia 89 tahun.

Oktober 2013

13 Oktober 2013. Kaum Dalit di India beralih keyakinan secara massal untuk memeluk agama Buddha pada sebuah kegiatan yang selenggarakan di Desa Dungarpur di pinggiran Kota Junagadh, Gujarat, India.

18 Oktober 2013. Akhir masa vassa para bhikkhu dan awal Kathina dirayakan oleh umat Buddha di dunia.

24 Oktober 2013. Sangharaja Thailand mangkat di Usia Ke-100 tahun. Yang Mulia Nyanasamvara Suvaddhana Mahathera (Somdet Phra Nyanasamvara Suvaddhana), Sangharaja Thailand, mangkat di Rumah Sakit Memorial Chulalongkorn di Bangkok.

November 2013

11 November 2013. Melalui Tzu Chi, umat Buddha mengirim bantuan untuk korban Topan Haiyan yang melanda Filipina.

23 November 2013. Dalam surat pernyataannya, Saṅgha Theravāda Indonesia menyatakan tidak ada kerjasama dengan kelompok gerakan Dharmakaya dalam hal apapun.

25 November 2013. Penemuan arkeologi terbaru dari sisa-sisa reruntuhan kuno di Vihara atau Candi Mayadevi (Mahamaya), Lumbini, Nepal. Jika studi penemuan tersebut benar, maka dapat merubah masa waktu kelahiran Pangeran Siddhattha Gotama.

Desember 2013

2 Desember 2013. Pelantunan Tipitaka Internasional ke-9 di Bodh Gaya. Ribuan bhikkhu dan umat Buddha dari sembilan negara berpartisipasi dalam Upacara Pelantunan Tipitaka Internasional Ke-9 di Bodh Gaya.

12 Desember 2013. Relik Buddhis dicuri dari Stupa Oudong Kamboja. Buddhis Kamboja dikejutkan dengan dicurinya relik yang dipercayai sebagai relik Sang Buddha.

15 Desember 2013. Cendekiawan Buddhis asal Amerika Serikat, Jack Kornfield, memberikan penjelasan dasar dan praktik Buddhisme dalam sebuah acara gelar wicara bersama Oprah Winfrey yang nampaknya membuat Oprah Winfrey terkejut. ”Saya terkejut mempelajari Buddhisme yang lebih merupakan sebuah praktik daripada sebuah kepercayaan. Apakah Anda juga?” kata Oprah dalam Twitter-nya.

Di hari yang sama, Densus 88 Antiteror Mabes Polri menangkap pelaku teror pengeboman Vihara Ekayana Arama.

Peristiwa-peristiwa tahun 2013 tersebut memungkinkan untuk tercatat dalam sejarah dan mungkin dapat menjadi titik tolak perubahan bagi umat Buddhis dalam memandang sesuatu. Dampak atau pengaruh negatif ataupun positif dari peristiwa-peristiwa tersebut tergantung bagaimana kita sebagai umat Buddhis menyikapi peristiwa-peristiwa tersebut.

Hendaknya kita tidak hidup dalam peristiwa-peristiwa masa lalu yang telah berlalu, namun jadikanlah peristiwa-peristiwa yang lalu tersebut sebagai pembelajaran untuk memperbaiki kualitas hidup di tahun-tahun mendatang. Selamat Tahun Baru 2014.[Bhagavant, 1/1/2014, Sum]

Arsip berita Buddhis Bhagavant tahun 2013

Kata kunci:
Penulis: