Asia Tenggara » Gerakan Buddhis » Pelayanan Buddhis » Sosial

Tzu Chi Kirim Bantuan Untuk Korban Topan Haiyan

Senin, 11 November 2013

Bhagavant.com,
Manila, Filipina – Yayasan Buddha Tzu Chi cabang Filipina memberi bantuan kepada para korban Topan Haiyan (Yolanda) yang dianggap sebagai salah satu siklon tropis terkuat yang pernah tercatat dalam sejarah.

Para anggota relawan dan staf Yayasan Buddha Tzu Chi Filipina pada Rabu (13/11/2013) akan melakukan survei awal, operasi bantuan tanggap darurat, dan misi medis di Provinsi Leyte, Filipina.

Yayasan Buddha Tzu ChiSebagai bantuan awal, markas besar Yayasan Tzu Chi di Taiwan mengirimkan selimut termal dan beras instan untuk membantu 30.000 orang. Bantuan senilai 50 juta Peso tersebut akan diterbangkan dengan pesawat militer Taiwan, yang diperkirakan tiba besok Selasa (12/11).

Menurut laporan, lebih dari dua juta orang menjadi korban di 41 provinsi di Daerah IV-A, IV-B, V, VI, VII, VIII, X, XI, dan Caraga. Di wilayah ini, kerusakan parah dicatat di Tacloban dan Ormoc City di Provinsi Leyte, Kepulauan Bantayan di Provinsi Cebu, Provinsi Antique, Provinsi Iloilo, Giporlos dan Guiuan di Provinsi Samar. Pemerintah Filipina telah menetapkan Leyte, Iloilo, Antique, dan Negros Occidental sebagai daerah bencana.

Korban tewas terus meningkat sementara operasi penyelamatan terus berlangsung. Lebih dari 100 ribu keluarga mengungsi. Ratusan orang hilang dan ribuan lainnya terluka. Kerusakan luas terhadap infrastruktur terlihat di seluruh wilayah tersebut. Tzu Chi Filipina melaporkan Senin (11/11/2013).

Topan Super Haiyan meninggalkan pemandangan yang memilukan, menghantam beberapa bagian di Filipina dengan terjangan angin yang kuat dan gelombang badai pada 8 November.

Setelah memperoleh laporan mengenai bencana tersebut, Y. M. Bhiksuni Cheng Yen, memberikan rasa simpati tulusnya kepada semua korban Topan Haiyan. Beliau mendorong setiap orang untuk berjaga-jaga dan merangkul mereka yang membutuhkan terutama pada saat-saat yang sangat membutuhkan

Untuk menjangkau lebih banyak korban, Yayasan Buddha Tzu Chi berharap untuk mengumpulkan cinta dan kebaikan semua orang dengan memberikan sumbangan keuangan dan sumbangan sejenisnya.

Untuk membantu para korban bencana Topan Haiyan, Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia telah membuka kesempatan bagi para dermawan untuk menyalurkan sumbangannya. Silahkan mengakses situs Tzu Chi Indonesia di tzuchi.or.id untuk informasi selengkapnya.[Bhagavant, Tzu Chi, 11/11/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: