Thailand » Tokoh

Sangharaja Thailand Mangkat di Usia Ke-100

Jumat, 25 Oktober 2013

Bhagavant.com,
Bangkok, ThailandSabbe sankhara anicca. Yang Mulia Nyanasamvara Suvaddhana Mahathera (Somdet Phra Nyanasamvara Suvaddhana), Sangharaja Thailand, mangkat di usia ke-100 pada Kamis 24 Oktober 2013.

Dokter mengatakan bahwa Y. M. Somdet Phra Nyanasamvara Suvaddhana mangkat di Rumah Sakit Memorial Chulalongkorn di Bangkok, di mana beliau telah dirawat karena penyakitnya sejak lebih dari satu dekade yang lalu, pada 20 Februari 2002.

Sangharaja Thailand, Yang Mulia Nyanasamvara Suvaddhana Mahathera, sebelum usia 100 tahun. Foto: undv.org
Sangharaja Thailand, Yang Mulia Nyanasamvara Suvaddhana Mahathera, sebelum usia 100 tahun. Foto: undv.org

“Kondisinya secara keseluruhan memburuk dan beliau mangkat pada pukul 19.30 karena infeksi pada pembuluh darahnya,” kata para dokter dalam sebuah pernyataan yang dilansir oleh Associated Press, Kamis (24/10/2013).

Sangharaja Thailand yang baru saja berulang tahun ke-100 suatu kali pernah masuk ke rumah sakit dan mampu kembali melaksanakan tugasnya, namun pada tahun 2004 seorang bhikkhu senior, Somdet Phra Buddhacarya (Somdet Kiaw) ditunjuk sebagai Pengganti Sangharaja untuk melaksanakan tugas beliau. Namun sayangnya, Somdet Kiaw sebagai Pengganti Sangharaja mangkat mendahului Sangharaja pada Sabtu 10 Agustus 2013 yang lalu.

Y. M. Somdet Phra Nyanasamvara Suvaddhana, Sangharaja Thailand, yang saat lahir diberi nama Charoen Gajavatra (Charoen Khotchawat – เจริญ คชวัตร), dilahirkan di Provinsi Kanchanaburi, pada 3 Oktober 1913. Y. M. Suvaddhana ditahbiskan menjadi seorang samanera di Vihara Devasangharam, Kanchanaburi saat beliau berusia 14 tahun.

Beliau mendaftarkan diri untuk studi Dhamma di Vihara Bovoranives hingga beliau mencapai usia minimum yang diperlukan untuk ditahbiskan menjadi bhikkhu. Beliau di tahbiskan secara penuh (upasampada) sebagai seorang bhikkhu di Vihara Bovoranives oleh Y. M. Kromma Luang Vajiranyanavamsa pada 15 Februari 1933 dan menetap di sana hingga beliau lulus kelas 9 tingkat tertinggi studi bahasa Pali seperti yang ditetapkan oleh Sangha Thailand pada tahun 1941.

Y. M. Suvaddhana yang telah menjabat sebagai Sangharaja Thailand sejak 21 April 1989 sebagai Sangharaja ke-19, merupakan Sangharaja Thailand yang memiliki usia terpanjang dalam sejarah Thailand untuk saat ini.

Pengganti Sangharaja Thailand akan secara resmi ditunjuk oleh Raja Thailand Bhumibol Adulyadej.[Bhagavant, 25/10/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis: