Seremonial » Thailand

Thailand Tuan Rumah Perayaan Vesak Sedunia 2013

Senin, 20 Mei 2013

Buddhisme di ThailandBhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Dinas Agama Buddha Nasional Thailand mewakili pemerintah Thailand dalam penyelenggaraan berbagai kegiatan untuk memperingati Hari Vesak Sedunia atau Vesakha Puja yang berlangsung dari tanggal 18 sampai 24 Mei 2013.

Hari Vesak memperingati hari kelahiran Pangeran Siddhattha Gotama, pencerahan Petapa Gotama, dan mangkatnya Sang Buddha. Sebuah peristiwa yang luar biasa yang terjadi pada hari yang sama namun tahun yang berbeda. Pada tahun 2013, di Thailand, hari yang penting ini jatuh pada tanggal 24 Mei.

Sang Buddha mengajarkan untuk saling cinta kasih dan kesabaran demi kedamaian dan kebahagiaan dalam masyarakat. Semenjak prinsip-prinsip ini digunakan oleh Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), PBB menyatakan bahwa Vesakha Puja merupakan sebuah hari yang memiliki makna universal, dan mengarahkan agar diadakan perayaan sebagaimana mestinya di Markas Besar PBB dan di kantor-kantor PBB lainnya setiap tahun.

Sebagai tuan rumah perayaan Hari Vesak Sedunia 2013, Thailand telah mengundang sejumlah pemimpin Buddhis dan para bhikkhu-bhiksu dari seluruh dunia untuk bergabung dalam perayaan tersebut. Seperti yang dilaporkan oleh Departemen Hubungan Masyarakat Pemerintah Thailand, Jumat 10 Mei 2013, Buddha Monthon (Thailand: Phutthamonthon), sebuah pusat keagamaan Buddhis di provinsi Nakhon Pathom, merupakan titik pusat dari perayaan tersebut. Para pemimpin Buddhis dan para bhikkhu-bhiksu akan bergabung dalam prosesi penyalaan lilin di Buddha Monthon pada tanggal 22 Mei.

Sebagai bagian dari peringatan perayaan Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa Ke-10, Universitas Mahachulalongkornrajavidyalaya, sebuah Universitas Buddhis Negeri di distrik Wang Noi di provinsi Ayutthaya, akan bergabung bersama berbagai organisasi dalam mengadakan sebuah konferensi internasional pada 21-22 Mei di United Nations Conference Center di Bangkok.

Konferensi tersebut berfokus pada tema ”Pendidikan dan Kemasyarakatan Global: Sebuah Perspektif Buddhis”. Dalam kegiatna tersebut akan ada sebuah diskusi panel dalam rangka perayaan memperingati ulang tahun ke-100 Yang Mulia Somdet Phra Nyanasamvara, Sangharaja Thailand.

Dalam pesannya untuk perayaan Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa, Irina Bokova, Direktur Jenderal UNESCO menyebutkan bahwa pendidikan sebagai cara terbaik untuk membangun perdamaian dari dalam, dengan memberikan semua orang alat-alat yang mereka butuhkan untuk pemenuhan diri. Dalam sebuah planet yang berada di bawah tekanan, pendidikan merupakan kekuatan untuk membentuk cara-cara baru dalam berpikir dan bertindak, untuk membangun masyarakat tangguh yang mampu beradaptasi terhadap perubahan dan mengurangi dampak perubahan tersebut. Membina masyarakat dunia melalui pendidikan sangat penting untuk membangun perdamaian sejati dan abadi. Juga sangat penting untuk meletakkan dasar bagi pembangunan yang lebih terbuka dan berkelanjutan.

Sementara itu, sebuah Pekan Buddhisme dalam perayaan Vesakha Puja diselanggarakan di situs seremonial Sanam Luang di Bangkok antara 18 dan 24 Mei. Menurut Deputi Perdana Menteri dan Menteri Pendidikan Phongthep Thepkanjana, Pekan Buddhisme juga dimaksudkan untuk merayakan peringatan ke-2.600 tahun Pencerahan Sang Buddha atau Buddha Jayanti.

Yang Mulia Putri Maha Chakri Sirindhorndari Kerajaan Thailand memimpin pembukaan Pekan Buddhisme pada 18 Mei. Perayaan peringatan Hari Vesak PBB rencananya akan dihadiri oleh Yang Mulia Putri Srirasmi, Pendamping dari Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn, akan hadir dan mengantarPanitiaPenyelenggara pada Selasa, 21 Mei, 2013 diUNCC Conference Hall.

Situs resmi Hari Vesak PBB 2013 dapat diakses di sini. [Bhagavant, 20/5/13, Sum]

 

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: