Korea Selatan

Sambut Vesak 2557 Anak-Anak Korsel Jadi Samanera Kecil

Senin, 6 Mei 2013

Buddhisme di Korea SelatanBhagavant.com,
Seoul, Korea Selatan – Dalam rangka menyambut hari Vesak mendatang, beberapa anak kecil di Korea Selatan berpartisipasi dalam penahbisan menjadi samanera (calon bhiksu) sementara dengan melaksanakan upacara cukur rambut di Vihara Chogye, Seoul, pada Jumat (3/5).

Anak-anak akan tinggal di vihara selama 14 hari untuk belajar mengenai agama Buddha. Tradisi ini telah dilakukan bertahun-tahun di Korea Selatan oleh Ordo Jogye, salah satu tradisi agama Buddha di Korea, dalam rangka menyambut kelahiran Sang Buddha yang lahir 2557 tahun yang lalu.

Foto: Chung Sung-Jun - Getty Images
Foto: Chung Sung-Jun – Getty Images

Banyak saja tingkah lucu dan menggemaskan yang ditampilkan dari anak-anak berusia sekitar 5 tahun ini saat dan setelah upacara tersebut, ada yang diam saja, dan ada yang tampak senang setelah kehilangan rambutnya, seperti yang tertampak dalam foto karya Chung Sung-Jun yang dilansir oleh Yahoo News dari Getty Images.

Foto: Chung Sung-Jun - Getty Images
Foto: Chung Sung-Jun – Getty Images

Bagi beberapa orang yang tidak memahami agama Buddha akan mudah menduga anak-anak ini akan dijadikan bhiksu selamanya. Padahal ini merupakan praktik latihan menjadi samanera sementara, yaitu belajar menjadi calon bhiksu secara sesaat atau sementara, tidak untuk selamanya. Setelah selesai, anak-anak bisa kembali ke rumah mereka masing-masing untuk melanjutkan kegiatan biasanya.

Mencukur rambut hingga habis bagi calon bhiksu/bhikkhu merupakan sebuah simbol dari niat, komitmen untuk melepaskan keduniawian menuju berpenghidupan suci (Pali: brahmacārī, Sanskerta: brahmacarya).

Foto: Chung Sung-Jun - Getty Images
Foto: Chung Sung-Jun – Getty Images

Di Korea Selatan, Vesak tahun ini akan dirayakan oleh umat Buddha pada tanggal 17 Mei 2013.[Bhagavant, 6/5/13, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN: