Seremonial » Sri Lanka

Sri Lanka Rayakan Vesak Nasional 2556 Secara Akbar

Jumat, 4 Mei 2012

Buddhisme di Sri LankaBhagavant.com,
Kandy, Sri Lanka – Pemerintah Sri Lanka telah menyatakan tanggal 2 sampai 8 Mei sebagai Minggu Vesak tahun 2556 dengan mengusung moto: “Marilah kita mengikuti pelaksanaan sila Buddhis”.

Pemerintah Sri Lanka telah menyusun rencana untuk menyelenggarakan Festival Vesak Nasional dalam skala besar di Vihara Relik Gigi di Kandy, demikian yang disampaikan oleh Wakil Menteri Buddhasasana dan Agama, M.K.A.D.S. Gunawardana yang dilansir oleh Daily News.

Festival tersebut akan diselenggarakan di bawah bimbingan Y.M. Udugama Sri Buddharakkitha Thera, Mahanayaka dari Sangha Asigiriya, di bawah naungan Presiden Mahinda Rajapaksa dengan partisipasi dari Perdana Menteri D.M. Jayaratna, Diyawadana Nilame (Ketua pelindung Vihara Relik Gigi) Pradeep Nilanga Dela, para menteri dan pejabat pemerintah lainnya.

Kantor Perdana Menteri, Kementerian Buddhasasana dan Agama, seluruh Sasanarakshaka Bala Mandalaya (yayasan atau lembaga bantuan kesejahteraan – ed) Sri Lanka, Dewan Provinsi Pusat dan seluruh institusi negara di Kandy akan bekerja sama dalam menyelenggarakan acara ini.

Wakil Menteri mengatakan kepada pers bahwa pada kesempatan tersebut sekitar 5.000 siswa sekolah akan melaksanakan praktik sila. Sri Dalada Pada yatra (perjalanan ziarah tapak tilas – ed) juga akan diselenggarakan. Sekitar 3.000 orang akan berjalan dari Doluwa menuju ke Vihara Relik Gigi untuk mengenang kedatangan Relik Gigi Suci dari Kothmale menuju Dalada Maligawa. Sekitar 1.000 bhikkhu juga akan berpartisipasi dalam yatra tersebut.

Bersama dengan program ini, 10 grup pemenang Kompetisi Bakthi Gee (lagu puja Vesak– ed) akan menerima penghargaan. Grup-grup ini telah dipilih dari 25 grup peserta.

Selain itu pemerintah Sri lanka juga menyelenggarakan banyak kegiatan untuk menandakan dimulainya festival Vesak, di antaranya, Pelaksanaan Sila, Dhamma Desana, Buddha Puja, dan pemberian dana. Festival Vesak Nasional tersebut dimulai pada pukul 15.00 waktu setempat. Di malam harinya diselenggarakan juga seremoni lentera Vesak dan Bhakthi Gee.[Bhagavant, 4/5/12, Sum]

Kata kunci:
Penulis: