Eropa

Pesan Vesak, Kardinal Vatikan Puji Kebijaksanaan Buddhis

Minggu, 8 April 2012

Buddhisme di EropaBhagavant.com,
Vatikan – Hari Vesak, salah satu hari besar umat Buddha akan segera tiba. Dan dalam sebuah pesan Vesak pada Selasa 3/4 lalu, seorang Kardinal Gereja Katolik Roma memuji Buddhisme karena menanamkan nilai-nilai kebijaksanaan, belas kasih dan tanpakekerasan pada kaum muda.

Seperti yang dilaporkan oleh AFP, Jean-Louis Tauran, pemimpin dialog antar agama Vatikan mengatakan, ”Sebagai Buddhis anda mewariskan kepada kaum muda kebijaksanaan tentang perlunya untuk tidak menyakiti orang lain dan untuk menghidupkan kehidupan kedermawanan dan berbelas kasih.”

Ia mengatakan bahwa aspek pendidikan Buddhis ini merupakan “sebuah hadiah berharga bagi masyarakat”.

“Saat ini, di ruang-ruang kelas di seluruh dunia semakin banyak pelajar-pelajar dari beragam agama dan kepercayaan duduk berdampingan,” katanya.

Kardinal Tauran menyerukan untuk “merenung lebih dalam” pada kebutuhan untuk siap bergandengan tangan dengan agama lain untuk menyelesaikan konflik.”

“Kaum muda mendesak kami untuk menghancurkan segala dinding yang sayangnya masih memisahkan kita,” tambahnya.

Perayaan Vesak yang setiap tahun dirayakan oleh umat Buddha jatuh pada hari yang berbeda-beda pada setiap negara, tergantung tradisi yang mereka yakini. Biasanya jatuh antara bulan Mei dan Juni.

Untuk tahun 2012, Vesak akan jatuh pada 28 April untuk umat Buddha tradisi Mahayana di Tiongkok. Untuk negara Singapura, Laos, Birma, Sri Lanka, dan Kamboja, Vesak dirayakan pada 5 Mei. Untuk Indonesia, Nepal dan India, pada 6 Mei. Sedangkan untuk Thailand, Vesak akan dirayakan pada 4 Juni.[Bhagavant, 8/4/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: