Amerika Serikat » Tokoh

Dalai Lama Raih Penghargaan Templeton 2012

Selasa, 3 April 2012

Yang Mulia Dalai Lama XIVBhagavant.com,
Pennsylvania, Amerika Serikat – Tenzin Gyatso, Dalai Lama Ke-14, pemimpin spiritual Tibet, mendapatkan salah satu penghargaan keagamaan terkemuka di dunia.

Pemimpin Buddhis Tibet berusia 76 tahun tersebut meraih Penghargaan Templeton 2012 atas karyanya dibidang agama dan ilmu pengetahuan. Penghargaan dari Yayasan John Templeton yang juga diberikan dalam bentuk uang sebesar 1,7 juta dolar Amerika tersebut diumumkan pada Kamis 29/3 melalui situs resmi yayasan tersebut serta kepada para wartawan dan melalui situs jejaring sosial Twitter.

Dalai Lama adalah pendiri dari institusi Pikiran dan Hidup (Mind & Life Institute) yang bergerak di bidang penelitian pada ilmu pengetahuan dan Buddhisme. Serangkaian ceramah yang beliau berikan pada Universitas Stanford mengarah pada berdirinya Pusat untuk Penelitian dan Pendidikan Belas Kasih dan Altruisme, yang menyatukan para ilmuwan dan para cendekiawan agama.

Dalam situs resmi Templeton.org, menyatakan bahwa Dalai Lama telah dengan giat memfokuskan diri pada hubungan antara tradisi investigasi ilmu pengetahuan dan Buddhisme sebagai suatu cara untuk memahami lebih baik dan maju terhadap apa yang mungkin dapat disumbangkan kepada dunia. Khususnya, beliau mendorong tinjauan investigasi ilmiah secara serius terhadap kekuatan belas kasih dan potensialnya untuk mengatasi persoalan-persoalan mendasar di dunia.

Penghargaan Templeton akan diterima secara resmi oleh Dalai Lama dalam sebuah upacara di Katedral Santo Paulus di London, Inggris, pada Senin sore 14 Mei 2012.

Penghargaan Templeton merupakan penghargaan tahunan yang diberikan oleh Yayasan Templeton yang didirikan pada tahun 1972, yang diberikan kepada orang-orang yang masih hidup yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa untuk meneguhkan dimensi spiritual kehidupan melalui wawasan, penemuan ataupun karya praktis.

Penghargaan tersebut diberikan kepada seseorang berdasarkan penilaian para juri panel yang berasal dari beragam disiplin akademis dan tradisi agama seperti Kristen, Hindu, Yahudi, Islam, Buddhisme, dan juga Ateis.[Bhagavant, 3/4/12, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: