Asia Oseania » Asia Selatan » India » Seremonial

Ribuan Orang Alihkeyakinan Jadi Buddhis

Jumat, 22 Oktober 2010

Buddhisme di IndiaTNN,
Kanpur, India – Pada hari dimana negara disibukkan dengan pembakaran patung raja raksasa, penduduk di luar desa Pukhrayan di Ramabai Nagar berkumpul untuk menghormati Ravana dan untuk memeluk Buddhisme pada saat hari Dussehra atau Vijaya Dashmi pada Senin.

Lebih dari 5.000 kaum dalit* memeluk Buddhisme di hadapan 12 bhikkhu saat upacara Ambedkar Baudh Deeksha yang diadakan di lapangan Krishi Mandi Samiti di Pukhrayan, 70 km dari kota. Selain untuk beralihkeyakinan, beberapa ribu orang lainnya datang untuk menyaksikan upacara tersebut. Para pengalihkeyakinan tersebut kebanyakan berasal dari Allabahad, Hardoi, Azamgarh, Auraiyya, Kannauj, Unnao, Agra, Firozabad dan pedesaan kecil seperti desa Bhognipur, Akbarpur, Rura, Derapur, Sikandara dan Shivli di Kanpur Dehat.

Sebelum mengambil sumpah, mereka melakukan sebuah prosesi yang panjang. Seorang pria duduk di sebuah kereta dan mereka menyambut patung karakter menyerupai Ravana. Mereka menaburkan bunga-bunga dan pewarna dalam prosesi tersebut.

Kemudian, seorang bhikkhu, Bhante Angulmal, bersama dengan para bhikkhu lainnya menyampaikan kotbah dan memberikan pengambilan sumpah orang-orang tersebut untuk mengikuti prinsip-prinsip agama Buddha dengan dedikasi yang tinggi.

“Mulai hari ini dan seterusnya, kami hanya bertindak sesuai dengan prinsip-prinsip dari Sang Buddha,” kata Ram Vilas Sachan, pria setengah baya yang telah melakukan perjalanan panjang dari Fatehpur untuk menghadiri upacara di Pukhranya.

Dhani Rao Baudh Panther, ketua kelompok Bharatiya Dalit Panther yang telah melakukan upacara tahunan menentang diskriminasi dalam masyarakat tersebut, mengatakan: ”Kami percaya bahwa Ravana adalah seorang raja Dravida dari suku Gond dan orang yang terpelajar, sangat mahir dalam kitab-kitab Veda. Kami telah mengadakan upacara Baudh Deekhsha (Buddha Diksa – ed) ini setiap tahun sehingga generasi mendatang dapat mengenang pengorbanannya (Ravana) dan melanjutkan tradisi ini.”

Pensiunan IAS Chandrapal Arun, mantan wakil rektor Universitas Jhansi, Anil Kumar dan wakil jenderal manajer pelaksana PT. BSES Yamuna Power, Ramesh Chandra hadir pada kesempatan itu.[trans:Sum]

*Kaum dalit adalah kelompok orang-orang kelas terendah dalam sistem tradisi kemasyarakatan India.

Kata kunci: ,
Penulis:

REKOMENDASIKAN: