Asia Tenggara » Seremonial » Thailand

Buddhis di Seluruh Thailand Rayakan Hari Magha Puja 2564

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Umat Buddha di seluruh negeri “gajah putih” melakukan kebajikan dalam perayaan Hari Magha Puja 2564 EB pada Jumat (26/2/2021) pagi hari.

Buddhis di Seluruh Thailand Rayakan Hari Magha Puja 2564
Persembahan dana makanan kepada para bhikkhu di Vihara Hua Khao Takhli, Nakhon Sawan, saat Magha Puja 2564. Foto: YouTube

Di Vihara Rajavara Pavaranivesa (Wat Bowonniwet), masyarakat terlihat melakukan kebajikan, memberi dana makanan, mendengarkan dhammadesana dan berpradaksina. Sebagian besar dari mereka yang datang dengan keluarga, ada yang bertujuan untuk kepentingan melestarikan tradisi dan ada yang membawa mengharapkan kesejahteraan bagi diri mereka.

Vihara Pavaranivesa sendiri masih di bawah penerapan langkah-langkah protokol COVID-19 yang ketat, menyaring semua pengunjung dan mewajibkan mereka memakai masker dan mencuci tangan.

Hari Raya Magha Puja atau disebut Makha Bucha dalam bahasa Thailand, dirayakan pada hari ke-15 di bulan Magha (sekitar bulan Februari). Thailand yang mengadopsi penanggalan lunar Tionghoa (Imlek) merayakan Magha Puja pada hari ke-15 di bulan pertama Imlek, bertepatan dengan perayaan Cap Go Meh, yang tahun 2021 jatuh pada 26 Februari 2021. Sedangkan berdasarkan penanggalan astronomi modern, bulan purnama penuh di Februari jatuh pada 27 Februari 2021.

Hari Magha Puja memperingati empat peristiwa lanka yang terjadi di India utara sepuluh bulan setelah pencerahan Sri Buddha lebih dari 2.500 tahun yang lalu.

Empat peristiwa tersebut adalah: 1.250 siswa datang dan berkumpul untuk menemui Sri Buddha pada malam itu tanpa dipanggil dan memberitahu satu sama yang lain, semua siswa tersebut adalah telah tercerahkan dan mencapai kesucian arahatta, semuanya ditahbiskan oleh Sri Buddha sendiri, dan peristiwa itu terjadi pada malam bulan purnama. Hari ini dijadikan sebagai hari syukur nasional di Thailand pada tahun 2006.

Seperti yang dilansir National News Bureau Thailand, Jumat (26/2), pemandangan serupa dapat disaksikan di seluruh Thailand, seperti di Vihara Baan Tor Pa Tun di Chiang Mai, dengan terlihat banyak masyarakat yang melakukan kebajikan. Para pengunjung mendapat manfaat dari pedagang di sekitar vihara yang menjual makanan siap saji.

Di Vihara Phra Tat Cherng Chum di Sakon Nakhon, Gubernur Sakhon Nakhon Monsit Paisarnthanawat memimpin warga untuk mempersembahkan dana makanan kepada 70 orang bhikkhu menjelang akhir pekan Magha Puja. Vihara ini menjadi tuan rumah puja bakti dan pradaksina pada sore hari pukul 5.

Di provinsi Si Sa Ket, Gubernur Wattana Puthichat memimpin persembahan makanan di Vihara Jiang-E Sri Mongkol Wararam sebelum menyatakan niatnya untuk menjadi teladan moralitas dan praktik Buddhis.

Di Maha Vihara Phra Mahatat, persembahan dana makanan diberikan kepada 50 bhikkhu dan sebuah kain dipersembahkan ke stupa di pusat vihara tersebut dan dilakukan dengan protokol pencegahan COVID-19 yang ketat.[Bhagavant, 27/2/21, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN