Asia Oseania » Asia Timur » Gerakan Buddhis » Sosial

Bhiksu di China Belajar Pemadaman Kebakaran

Minggu, 22 Agustus 2010

Buddhisme di ChinaIANS,
Beijing, China – Bhiksu di China menjalani pelatihan untuk memadamkan api sehingga mereka dapat menangani situasi darurat di vihara-vihara mereka.

Lebih dari 60 orang bhiksu dari 11 vihara dan institusi Buddhis memperagakan keahlian mereka tentang bagaimana mengoperasikan alat-alat pemadam kebakaran, selang dan peralatan modern lainnya di Kompetisi Pemadam Kebakaran Buddhis Hangzhou yang pertama kali yang diadakan pada Jumat (20/10) di sebuah vihara di provinsi Zhejiang di China bagian timur.

Hangzhou, kota indah di dekat Danau Barat (Xi Hu – ed), merupakan tempat bagi kebudayaan Buddhis yang menyimpan banyak vihara dan pagoda.

Tetapi struktur-struktur kayu, vihara-vihara tua, dan pembakaran dupa yang sering dilakukan merupakan sebuah tantangan serius bagi pencegahan terhadap kebakaran di kota tersebut, kata Chen Liping, seorang petugas senior Pemadam Kebakaran Kota Praja Hangzhou.

Para bhiksu bergegas ke lokasi kebakaran, mengoperasikan alat-alat pemadam kebakaran mereka dengan sikap profesional, dan dalam beberapa detik api tersebut padam dengan semprotan. Penonton yang penasaran, yang datang untuk membakar dupa dan berdoa, bertepuk tangan dengan keras, demikian kata Xinhua.

“Kami telah menerima latihan intensif selama sebulan, tetapi keselamatan vihara kami pantas untuk diupayakan,” kata Master Zhiheng, seorang partisipan dari Vihara Faxi.

Pemadam kebakaran setempat bekerja sama dengan institusi-institusi Buddhis untuk melaksanakan serangkaian kampanye untuk menjadikan para bhiksu pembaca sutra menjadi para pemadam kebakaran yang terampil untuk paruh waktu.

“Sekarang setiap vihara di Hangzhou memiliki kelompok bhiksu pemadam kebakaran sendiri, dan kami menerima pelatihan secara rutin untuk kebutuhan darurat,” kata Master Wuhai, salah seorang penyelenggara.

Kata kunci: , , ,
Penulis: