Asia Tenggara » Seremonial » Thailand » Tradisi dan Budaya

Malam Vesak, Ribuan Buddhis Thailand Daki Bukit Doi Suthep

Jumat, 20 Mei 2016

Bhagavant.com,
Chiang Mai, Thailand – Ribuan umat Buddhis merayakan Malam Vesak 2559 EB/2016 dengan mendaki bukit di Gunung Doi Suthep, sebelah barat Provinsi Chiangmai, Thailand, pada Kamis (19/5/2016) malam.

Stupa di Vihara Phra That Doi Suthep saat malam hari.
Stupa di Vihara Phra That Doi Suthep saat malam hari. Foto: wanderingstartour.com

Seperti yang dilansir Breakingnews Nation TV, pada Kamis pukul 20.00 waktu setempat, ribuan umat Buddhis terlebih dulu berkumpul di sekitar Monumen Kruba Srivichai di kaki bukit Doi Suthep untuk melakukan puja bakti mengenang Y.M. Bhikkhu Sri Vijaya (Khruba Siwichai, Siri Wichayo) yang berjasa berinisiatif membangun jalan menuju Vihara Phra That Doi Suthep (Wat Phra That Doi Suthep) di atas bukit.

Bersama para anggota sangha, umat Buddhis dari dalam maupun luar negeri Thailand, tampak Gubernur Chiangmai Pawin Chamniprasat, para pejabat baik pemerintahan dan swasta, mengikuti kegiatan puja bakti tersebut. Dalam rangkaian kegiatan tersebut juga diulas mengenai upacara tradisi penuangan air (ของการอัญเชิญน้ำสรงพระราชทาน) yang akan dilakukan di Vihara Phra That Doi Suthep.

Sekitar pukul 21.00 waktu setempat, para umat dari berbagai tingkatan usia melakukan prosesi arak-arakan menuju Vihara Phra That Doi Suthep. Dalam prosesi arak-arak tersebut para umat membawa lilin dan dupa, sementara para bhikkhu melantunkan paritta.

Setibanya di Vihara Phra That Doi Suthep, para umat melakukan puja bakti dan pelimpahan jasa dengan tradisi penuangan air sambil melakukan perenungan di Malam Vesak. Selanjutnya para umat menggelar berbagai kegiatan termasik meditasi dan penyalaan lilin juga kembang api. Kemudian umat membiarkan para bhikkhu mempersiapkan diri untuk untuk melakukan pindapata di Hari Vesak 2559 pada Jumat pagi ini.

Berbeda dengan di Indonesia yang merayakan hari Vesak 2560 EB, perayaan Hari Vesak di Thailand tahun ini jatuh pada 20 Mei 2016 berdasarkan penanggalan kalender lunar Thailand, dan merupakan Hari Vesak Ke-2559 Era Buddhis.[Bhagavant, 20/5/16, Sum]

Kata kunci: ,