Asia Tenggara » Seremonial » Thailand

Hari Ini Thailand Peringati Vesak 2559 EB / 2016

Jumat, 20 Mei 2016

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Dalam kesempatan Hari Vesak 2559 EB / 2016, seluruh umat Buddhis termasuk pegawai negeri sipil di seluruh provinsi di Thailand berpartisipasi dalam prosesi pindapata dan melakukan berbagai kebajikan, pada Jumat (20/5/2016).

Umat Buddhis Thailand merayakan Vesak 2559 EB/2016 dengan melakukan pradaksina di Sanam Luang, Bangkok, Thailand, pada Jumat (20/5/2016)
Umat Buddhis Thailand merayakan Vesak 2559 EB/2016 dengan melakukan pradaksina di Sanam Luang, Bangkok, Thailand, pada Jumat (20/5/2016). Foto: thainews.prd.go.th

Di Provinsi Chiang Mai, warga memberi persembahan dana makanan kepada para bhikkhu di Universitas Chiang Mai. Sebelumnya, Sabtu malam, ribuan umat Buddhis di Chiang Mai juga melakukan puja bakti Malam Vesak di Vihara Phra That Doi Suthep dengan mendaki bukit di Gunung Doi Suthep.

Di Vihara Si Khom Kham di Provinsi Phayao, lebih dari 1.000 umat Buddhis mengenakan pakaian putih dan memberi dana makanan kepada para bhikkhu. Pada malam hari, sebagai bagian dari kegiatan Hari Vesak (Waisak), warga akan menyalakan lilin dan pradaksina tiga kali mengelilingi Vihara Tilok Aram yang berada di tengah Danau Phayao.

Seperti yang dilansir National News Bureau of Thailand (NNT), Jumat (20/5/2016), di Vihara Kok Phu di Provinsi Tak, masyarakat bergabung bersama-sama dalam mempersembahkan nasi dan makanan kering kepada para bhikkhu dan mendengarkan ceramah Dhamma.

Di Vihara Phra Thaen Sila di Provinsi Uttaradit, PNS, mahasiswa dan warga melakukan jasa kebajikan sambil memberikan dana makanan kepada para bhikkhu dan berjanji untuk mendedikasikan diri mempraktikkan ajaran Agama Buddha.

Sementara itu di Vihara Manee Sathit Kapittharam di Provinsi Uthai Thani, di pagi hari para pejabat dan masyarakat memberikan dana makanan kepada para bhikkhu serta mendengarkan ceramah Dhamma.

Di Vihara Si Sophon Thammathan di Provinsi Bueng Kan, para warga berkebangsaan Laos berbaur dengan penduduk setempat untuk memberi dana makanan dalam bentuk nasi goreng dan juga melaksanakan Pancasila Buddhis.

Di Buddha Mandala Isaan (Phutthamonthon Isaan/Buddha Monthon E-saan) di Provinsi Khon Kaen, warga bersiap-siap untuk mengambil bagian dalam prosesi lilin yang akan diselenggarakan di malam hari.

Sedangkan di Vihara Sanphaya Wattanaram di Provinsi Chonburi, masyarakat yang terdiri dari para pegawai negeri, pelajar dan masyarakat umum mengikuti prosesi pindapata, melakukan puja bakti.

Di Vihara Muang Yala di Provinsi Yala, provinsi bagian selatan Thailand yang berbatasan dengan Malaysia, para PNS, aparat penegak hukum, militer dan masyarakat umum bergabung dalam memberikan dana makanan kepada para bhikkhu, sementara para petugas keamanan ditempatkan di seluruh daerah yang ramai untuk memastikan keamanan bagi masyarakat.

Sedangkan di Bangkok, Wakil Gubernur Bangkok Amorn Kitchawengkul memimpin upacara membuat kebajikan massal di Sanam Luang, sebuah lapangan terbuka di dekat Vihara Phra Kaew dengan memberikan dana makanan untuk 10 bhikkhu senior dan 234 bhikkhu lainnya.

Hari Vesak (Waisak) juga dikenal di Thailand sebagai Hari Visakha Bucha. Hari Vesak yang di Thailand jatuh pada 20 Mei 2016 merupakan Vesak Ke-2559 Era Buddhis (EB).[Bhagavant, 20/5/16, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: