Eropa

Buddhis Irlandia Bentuk Organisasi Persatuan Buddhis

Rabu, 11 April 2018

Bhagavant.com,
Dublin, Irlandia – Sebuah organisasi baru Buddhis Irlandia terbentuk baru-baru ini untuk mewadahi dan mewakili seluruh umat Buddhis dari berbagai tradisi di negara itu.

Logo organisasi Irish Buddhist Union.
Logo organisasi Irish Buddhist Union. Gbr: ibu.ie

Irish Buddhist Union (IBU) menjadi sebuah payung dari lima grup dan organisasi di Irlandia dan berniat membawa ide-ide dan prinsip-prinsip Buddhis agar menjadi perhatian masyarakat Irlandia yang lebih luas.

Seperti yang dilansir The Irish Times, Kamis (5/4/2018), Agama Buddha adalah salah satu agama yang paling cepat berkembang di Irlandia. Jumlah Buddhis menunjukkan peningkatan 12,1 persen atau menjadi 9.758 orang pada tahun 2016, dari sensus sebelumnya pada tahun 2011.

Terlepas dari tumbuhnya minat pada teknik meditasi Buddhis, terutama “berperhatian penuh” (mindfulness) dalam beberapa tahun terakhir, Agama Buddha sebagai tradisi agama juga telah melihat sebuah generasi para guru dan pemimpin Buddhis kelahiran Irlandia muncul ke permukaan untuk pertama kalinya.

Salah satu tokoh Buddhis Irlandia terkemuka adalah mendiang Bhikkhu U Dhammaloka (1856 – 1914). Ia menjadi salah satu bhikkhu dari Barat pertama di zaman modern.

Dalam meningkatnya keragaman di Irlandia, IBU berharap banyak masyarakat Irlandia yang mengidentifikasi diri sebagai Buddhis akan menjadi terlihat dan aktif dalam kehidupan publik Irlandia, dengan IBU bertindak sebagai saluran untuk hal ini.

IBU juga berharap mendapat sebuah masukan pada debat nasional semenjak Irlandia berkembang untuk mengakomodasi keragamannya yang terus tumbuh untuk pertama kalinya.[Bhagavant, 11/4/18, Sum]

Kata kunci:
Penulis: