Indonesia » Wanita Buddhis

Indonesia Tuan Rumah Konferensi Sakyadhita Ke-14

Sabtu, 11 April 2015

Bhagavant.com,
Yogyakarta, Indonesia – Indonesia menjadi tuan rumah bagi terselenggaranya sebuah konferensi wanita Buddhis Internasional yang akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini selama seminggu.

Konferensi Wanita Buddhis Internasional Sakyadhita Ke-14 di Yogyakarta, Indonesia, 23-30 Juni 2015.
Konferensi Wanita Buddhis Internasional Sakyadhita Ke-14 di Yogyakarta, Indonesia, 23-30 Juni 2015.

Konferensi Wanita Buddhis Internasional Sakyadhita Ke-14 (14th Sakyadhita International Conference for Buddhist Women) yang diselenggarakan oleh Asosiasi Wanita Buddhis Internasional Sakyadhita (Sakyadhita International Association of Buddhist Women) dan dikoordinir oleh Sangha Bhiksuni Sangha Agung Indonesia akan diselenggarakan di Yogyakarta, Indonesia, pada 23 sampai 30 Juni 2015.

Dalam konferensi yang mengangkat tema: “Welas Asih & Keadilan Sosial” (Compassion & Social Justice) akan membahas berbagai topik seputar Agama Buddha dan dunia Buddhis, dari transformasi batin, wanita dan kebudayaan Buddhis Indonesia, peran global Agama Buddha hingga mengenai penahbisan bhikkhuni yang dianggap sebagai hal yang masih kontroversi saat ini.

Konferensi tersebut akan dihadiri oleh perempuan-perempuan Buddhis termasuk para cendekiawati dan viharawati dari berbagai negara, di antaranya Bhikkhuni Santini dari Indonesia, Bhikkhuni Dhammananda dari Thailand, Bhiksuni Tenzin Palmo dari India, Bhiskuni Karma Lekshe Tsomo dari Amerika Serikat, Bhiksuni Thich Nu Nhu Nguyet dari Vietnam, Bhiksuni Hyo Seok dari Korea Selatan, dan sebagainya.

Mekipun konferensi ini diselanggarakan oleh organisasi wanita dan beberapa topiknya membahas mengenai perempuan, namun pihak panitia mempersilahkan kaum pria untuk menghadirinya, bahkan beberapa pembicara di konferensi tersebut juga adalah pria, seperti Bhikkhu B. D. Dipananda dari Bangladesh dan Bhikkhu Sujato dari Amerika Serikat.

Seperti dikutip Bhagavant.com dari situs Sakyadhita-indonesia.org, Sakyadhita sendiri merupakan sebuah organisasi wanita Buddhis bertaraf internasional yang bertujuan menggabungkan perempuan Buddhis dari negara dan tradisi yang berbeda, untuk mempromosikan kesejahteraan mereka dan untuk memfasilitasi pekerjaan mereka untuk membawa manfaat bagi kemanusiaan.

Untuk mengetahui lebih jauh program, jadwal, dan registrasi pendaftaran dari Konferensi Wanita Buddhis Internasional Sakyadhita Ke-14, Anda dapat mengakses situs resmi Sakyadhita internasional di sakyadhita.org atau Sakyadhita Indonesia di Sakyadhita-indonesia.org.[Bhagavant, 11/4/15, Sum]

Kata kunci:
Penulis: