India » Kesenian

India Tayangkan Serial TV Baru Kehidupan Buddha

Jumat, 13 September 2013

Bhagavant.com,
Mumbai, India – Sebuah serial televisi terbaru mengenai kehidupan Pangeran Siddhartha yang kemudian dikenal sebagai Buddha, perdana ditayangkan di India pada Minggu 8 September 2013.

Serial TV dari India tentang kehidupan Sri Buddha.
Serial TV dari India tentang kehidupan Sri Buddha. Foto: tangkapan gambar Youtube

Sebuah serial televisi mengenai zaman dan kehidupan Buddha Gautama (Pali: Gotama) siap untuk mendapatkan perhatian para penonton pada setiap Minggu pukul 11.00. Serial televisi berjudul ‘Buddha’ tersebut dibatasi memiliki 52 episode dan ditayangkan di Zee TV.

Peluncuran serial televisi tersebut diselenggarakan di sebuah hotel di pinggiran kota dengan tema yang indah, yang benar-benar sesuai dengan serial televisi tersebut dan memberikan kesan dan perasaan seperti di dalam kehidupan Buddha kepada semua orang yang hadir di sana.

Semua aktor dari serial televisi tersebut seperti Sameer Dharmadhikari, Nigaar Khan dan Amit Behl hadir pada acara tersebut dan berpakaian seperti karakter yang mereka perankan dalam serial televisi tersebut.

Setiap orang, dalam salah satu momen kehidupannya pernah mendengar atau membaca mengenai Buddha. Namun, tidak semua orang mengetahui secara detail mengenai kehidupan Pangeran Siddhartha. Detail yang kompleks dan tidak diketahui banyak orang mengenai kehidupan pangeran dari Kapilavastu ini diharapkan tersuguhkan dalam mega seri tersebut.

Produser serial televisi tersebut, Dr. B.K. Modi, awalnya hanya bermain-main dengan ide pembuatan sebuah film mengenai pemimpin spiritual. Namun akhirnya bahkan para pembuat film seperti Shekhar Kapur dan Ashutosh Gowariker terlibat secara kreatif dalam proyek tersebut.

”Pada awalnya, saya berpikir membuat acara ini untuk para penonton di luar negeri. Tapi saat saya menyadari bahwa kebanyakan masyarakat di India tidak mengetahui detail kehidupan Buddha, saya berubah pikiran. Selain itu, televisi India sekarang secara efektif telah mengadopsi format digital dan teknik VFX (efek visual), kita bisa membuat sebuah pertunjukan besar yang penuh dengan drama, fantasy dan aksi,” demikian kata produser tersebut seperti yang dikutip dari The Times of India, Sabtu (7/9/13).

”Kami ingin episode-episode tersebut berkembang seperti sebuah film. Saya tidak menyeret acara tersebut sehingga para penonton menjadi bosan,” kata Dr. Modi menjelaskan mengenai mengapa episode serial televisi tersebut dibatasi.

Namun belum seminggu penayangannya, serial televisi ini menimbulkan kontroversi dan kritikan karena dianggap tidak mewakili kisah hidup Sang Buddha sesungguhnya, khususnya mengenai di negara mana Pangeran Siddhartha dilahirkan.

Sejak penayangan pertamanya, sekitar 300 operator televisi kabel di Nepal memblokir siaran program Zee TV yang menayangkan serial ‘Buddha’ ini, setelah aksi protes terhadap episode pertamanya karena mengklaim dan menggambarkan Pangeran Sakya tersebut dilahirkan di India bukan di Nepal.

”Kami khawatir bahwa isi acara tersebut mungkin tidak menghormati para pemirsa Nepal,” kata Sudhir Parajuli, Ketua Asosiasi TV Kabel Nepal, kepada media.

Setelah masalah ini muncul di media sosial, memicu kritikan luas, aktor Kabir Bedi yang memainkan peran utama dalam serial tersebut meminta maaf di Twitter.[Bhagavant, 13/9/13, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN: