Bodhi Yātrā » India » Penyembuhan dan Spiritualitas

4.000 Pasukan Inggris Akan Bermeditasi di Bodh Gaya

Ziarah Buddhis di IndiaBhagavant.com,
Bodh Gaya, India – Stres pada pikiran adalah hal yang sering terjadi pada mereka yang terlibat di dalam medan peperangan. Penyakit mental ini memiliki dampak yang merugikan jika dibiarkan berlanjut, terparah dapat membuat seseorang bunuh diri.

Melihat kemungkinan ini, Angkatan Bersenjata Inggris akan mengirimkan sekitar 4.000 pasukannya, yang menganut Buddhisme, dalam kelompok yang terdiri dari 100-150 orang untuk meluangkan waktu selama seminggu di Bodh Gaya dan Sarnath untuk mencari kedamaian setelah mereka terlibat dalam medan perang yang berkepanjangan di berbagai negara seperti di Afghanistan dan Irak.

Mereka akan melakukan meditasi di bawah sekitar pohon Bodhi di Bodh Gaya di mana Petapa Gotama mencapai Pencerahan Agung menjadi Buddha pada abad ke-6 Sebelum Era Umum (S.M.), dan yang menjadi bagian dari situs warisan dunia UNESCO pada tahun 2002. Demikian laporan Giridhar Jha untuk Mail Today, Senin (10/12).

“Para tentara Inggris akan mulai datang di Bodh Gaya pada awal tahun depan,” kata Menteri Pariwisata Bihar, Sunil Kumar Pintu kepada Mail Today. “Mereka akan tiba dalam kelompok-kelompok terpisah terdiri dari sekitar 100-150 orang dan bermeditasi di bawah pohon suci. Mereka akan terus datang ke sini sepanjang tahun depan.”

Menteri Pariwisata Bihar mengatakan bahwa para pasukan tersebut akan meluangkan enam hari di Bodh Gaya dan satu hari di Sarnath di Uttar Pradesh. Ia juga mengatakan bahwa departemen pariwisata pemerintah Bihar telah mengadakan sebuah kesepakatan dengan agen-agen perjalanan internasional untuk memfasilitasi perjalanan tersebut pada saat Pasar Wisata Dunia 2012 (2012 World Tourism Market) yang digelar di London pada bulan lalu.

“Bihar telah mengambil bagian dalam Pasar Wisata Dunia untuk pertama kalinya yang diadakan di London antara 5-8 November tahun ini,” katanya. “Pada saat pekan raya pariwisata itulah para pejabat Angkatan Bersenjata Inggris berhubungan dengan kami melalui agen perjalanan. Kami melakukan tiga tahap pembicaraan mengenai hal ini.”

Kumar Pintu lebih lanjut mengatakan bahwa tanggal yang pastinya bagi pasukan Inggris tersebut belum ditentukan. Ia menyatakan bahwa pemerintah negara bagian akan menjaga keamanan para prajurit Inggris tersebut dan memfasilitasi kelancaran tempat mereka menginap di kota suci Bihar selatan. “Kami akan memberikan dukungan kami sepenuh hati bagi para pasukan Inggris yang ingin bermeditasi di bawah pohon Mahabodhi,” katanya.

Menteri Pariwisata tersebut menjelaskan bahwa Angkatan Bersenjata Inggris memiliki sekitar 4.000 pasukan yang merupakan umat Buddha. “Karena Bodh Gaya kebetulan menjadi tempat tersuci dari tempat-tempat suci bagi Buddhis, Angkatan Bersenjata Inggris telah memutuskan untuk mengatur perjalanan bagi para prajuritnya,” katanya menambahkan.

Berkaitan dengan pernyataannya bahwa ia telah membahas rincian dari perjalanan tersebut dengan para pejabat Angkatan Bersenjata Inggris, Kumar Pintu mengatakan bahwa sebagian besar pasukan Inggris yang datang ke Bihar telah ditugaskan di berbagai negara seperti Afghanistan dan Irak pada waktu-waktu belakangan ini. “Kunjungan ke Bodh Gaya dan Sarnath bertujuan untuk memberikan mereka kedamaian dan membantu menghilangkan stres mereka setelah pengalaman mereka di negara-negara tersebut.

Ia mengatakan bahwa hal tersebut adalah untuk yang pertama kalinya sebuah kunjungan seperti itu diselenggarakan.

Direktur Manajer agen perjalanan tersebut, Sushil Kumar Singh mengatakan bahwa bironya telah menandatangani sebuah kesepakatan dalam hal ini dengan Angkatan Bersenjata Inggris di London. Ia mengatakan bahwa Dr. Sunil Karyakara, seorang kapelan Buddhis bersama dengan Angkatan Bersenjata Inggris telah melakukan koordinasi untuk perjalanan tersebut. “Kami telah mengadakan kesepakatan dengan Angkatan Bersenjata Inggris untuk membawa para prajurit yang stres tersebut ke berbagai tempat dalam jalur Buddhis,” katanya. “Namun mereka akan menghabiskan lebih banyak waktu di Bodh Gaya.”

Singh mengatakan bahwa tanggal yang pastinya bagi kedatangan para prajurit tersebut belum ditentukan tapi mereka akan datang mulai awal tahun depan. “Kami akan mengadakan sebuah pertemuan dengan para pejabat Angkatan Bersenjata Inggris pada Januari untuk menentukan jadwal terakhir yang juga akan melibatkan para pejabat departemen pariwisata Bihar,” katanya. “Perjalanan ini juga akan diteruskan di masa mendatang.”

Dilaporkan jumlah turis dari mancanegara yang mengunjungi Bihar mengalami peningkatan dalam tahun-tahun belakangan ini. Sekitar 87 ribu wisatawan internasional mengunjungi Bihar pada tahun lalu, ini sepuluh kali lebih banyak dari satu dekade yang lalu. Pada tahun ini sampai bulan Agustus telah mencapai 84 ribu wisatawan dan jumlah ini diperkirakan mencapai 100 ribu pada akhir tahun.[Bhagavant, 14/12/12, Sum]

Kata kunci:
Penulis:
REKOMENDASIKAN