Asia Oseania » Asia Tenggara » Seremonial » Thailand

Asadha 2555 B.E, Thailand Larang Jual Miras

Minggu, 17 Juli 2011

Asadha PujaBhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Hari Asadha adalah salah satu hari besar agama Buddha. Untuk itu pemerintah Thailand melalui Kementerian Kesehatan Masyarakat memerintahkan para petugas kesehatan bekerja sama dengan kepolisian dan pihak berwenang terkait di seluruh negeri gajah putih tersebut, untuk melarang penjualan munuman keras selama hari raya yang jatuh pada tanggal 15 – 16 Juli kemarin. Demikian yang dilaporkan oleh Bangkok Post (14/7).

Pemerintah Thailand akan memberi sanksi kepada para pelanggar dengan hukuman penjara selama enam bulan dan / atau membayar denda sebesar 10.000 bath (+/- 2,8 juta rupiah).

Sejak tahun 2009, kantor Perdana Menteri Thailand mengeluarkan larangan penjualan minuman keras pada empat hari penting agama Buddha di Thailand yaitu, Magha Puja, Vesak Puja, Asadha Puja, dan awal Vassa.

Wakil sekretaris tetap Kesehatan Masyarakat, Dr. Siriwat Thiptaradol mengatakan bahwa pelarangan tersebut tidak termasuk untuk hotel-hotel yang telah terdaftar.

Hari Asadha sendiri merupakan hari untuk memperingati khotbah Sang Buddha untuk yang pertama kalinya sejak Pencerahan Sempurna, dan dibabarkan kepada lima orang pertapa di Taman Rusa Isipatana. Kotbah pertama tersebut dikenal dengan nama Dhammacakkappavattana Sutta (Kotbah Pemutaran Roda Dhamma).

Asadha tahun 2011 ini jatuh pada 15 Juli, dan kemudian diikuti sehari setelahnya, yaitu 16 Juli, merupakan awal masa Vassa bagi para bhikkhu, yaitu masa dimana para bhikkhu melakukan retreat untuk melatih dan membina dirinya selama tiga bulan.[Bhagavant, 17/7/11, Sum]

Kata kunci:
Penulis: