Asia Oseania » Asia Tenggara » Malaysia » Seremonial

Seminar Buddha Jayanti 2600 di Malaysia

Senin, 9 Mei 2011

Buddhisme di MalaysiaBhagavant.com,
Selangor, Malaysia – Tahun 2011 adalah tahun yang menandakan peringatan Buddha Jayanti ke-2600. Sebuah seminar dalam rangka memperingati Buddha Jayanti 2600 tersebut diadakan pada Minggu, 22 Mei 2011 di Selangor, Malaysia.

Diselenggarakan bersama oleh Buddhist Maha Vihara Brickfields, Nalanda Institute Malaysia, dan Ranjung Yeshe Selangor, seminar yang diadakan di Srivijaya Seminar Hall, Nalanda Centre, Selangor, Malaysia ini, mengambil tema: Path to Liberation – A Dialogue of Three Buddhist Tradition (Jalan Menuju Pembebasan – Sebuah Dialog Tiga Tradisi).

Sesuai dengan tema yang diambil, seminar tersebut menyajikan dialog antara tokoh dari tiga tradisi Buddhis, yaitu Y.M. Raluwe Padmasiri dari tradisi Theravada, Y.M. Seet Lee Terk dari tradisi Mahayana, dan Kyabgön Phakchok Rinpoche dari tradisi Vajrayana.

Seminar yang digelar pada Minggu, pukul 9.00 – 13.00 waktu Malaysia (sama dengan WIB) tersebut bertujuan untuk membantu memahami persamaan dan perbedaan yang dapat ditemukan di berbagai tradisi Buddhisme, dan bertujuan untuk menemukan bagaimana sebenarnya hal ini dapat meningkatkan praktik kita sendiri menuju kebebasan dari penderitaan.

Peringatan Buddha Jayanti yang dalam bahasa Malaysia dan Indonesia berarti Kejayaan Buddha, adalah peringatan momen Pencerahan Agung yang dicapai oleh Petapa Gotama dan menjadi Buddha, dimana saat itulah Beliau berhasil mencapai kemenangan atau kejayaan dalam menghancurkan kekotoran batin. Info selengkapnya: Buddha Jayanti 2600 Seminar.[Bhagavant, 9/5/11, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: