Asia Oseania » Asia Selatan » India

Anak 9 Tahun Kelahiran Kembali Seorang Bhiksu

Kamis, 9 April 2009

Buddhisme di IndiaSindh Today
Dharamsala, India – Tulku Tsenyi Khentrul Tenzin Tseten Rinpoche, seorang anak berusia sembilan tahun, pada hari Senin dinobatkan sebagai kelahiran kembali dari Geshe Lobsang Gyatso, pendiri Institusi Dialektika Buddhis (IDB).

Upacara penobatan dilakukan di lembah desa utara India.

“Tenzin Tseten, yang dikenali oleh Yang Mulia Dalai Lama sebagai kelahiran kembali dari Lobsang Gyatso pada tahun 2006, dinobatkan pada sebuah upacara berdasarkan keyakinan Buddhis akan kelahiran kembali,” kata Kelsang Damdul, asisten kepala IDB kepada IANS.

Tenzin Tseten yang berasal dari Leh di Jammu dan Kashmir dilahirkan pada 14 Mei 2001.

Ia dibawa ke tempat ini dari Leh pada Minggu untuk upacara penobatan.

Lobsang Gyatso, 70 tahun, bersama dua siswanya dibunuh pada Pebruari 1997. Beliau sangat dekat dengan Dalai Lama.

“Kami mengetahui sekitar lima tahun yang lalu ada seorang anak lelaki di sebuah desa terpencil di Leh mengetahui mengenai kehidupan lampaunya. Interaksi kami dengan anak tersebut memastikan bahwa bhiksu yang dibunuh tersebut telah dilahirkan kembali,” kata Damdul.

Sejumlah besar pejabat pemerintah Tibet dipengasingan dan perwakilan dari banyak vihara menghadiri upacara penobatan di Tsuglagkhang, vihara utama di McLeodgang dekat Dharamsala.

Dalai Lama bersama dengan banyak pendukungnya meninggalkan Tibet dan mengambil perlindungan di Dharamsala pada tahun 1959.

Pemerintahan dipengasingan Dalai Lama di Dharamsala tidak diakui oleh negara manapun.

Kata kunci: , ,
Penulis: