Asia Oseania » Asia Tenggara » Birma » Perdamaian

Pesan Dhamma STI Kepada Pemerintah Myanmar

Perdamaian DuniaBhagavant.com,
Jawa Tengah, Indonesia – Berikut Pesan Dhamma dari Sangha Theravada Indonesia (STI) kepada pemerintah Birma atas kemelut yang terjadi di Birma.

PESAN DHAMMA
KEPADA
PEMERINTAH NEGARA MYANMAR

Namo Tassa Bhagavato Arahato Sammāsambuddhassa

Sebagian besar orang tidak mengetahui, bahwa dalam pertengkaran mereka akan binasa; tetapi mereka yang dapat menyadari kebenaran ini, maka semua pertengkarannya akan diakhiri.
(Dhammapada 6)

Mengamati perkembangan situasi masyarakat akhir-akhir ini di negara Myanmar yang mayoritas penduduknya umat Buddha, kami merasa turut prihatin, turut merasa menderita dengan kehidupan para bhikkhu yang tidak dapat menjalani hidup sebagai bhikkhu dengan tenang. Selain itu kami juga turut prihatin atas kehidupan masyarakat Myanmar yang hidup dalam suasana menderita akibat dari tidak adanya perdamaian dan kesejahteraan hidup.

Oleh karena itu kami, Sangha Theravāda Indonesia, sebagai sahabat dalam Dhamma ajaran Sang Buddha mengharapkan agar Pemerintah Myanmar dapat menahan diri pada saat menghadapi situasi yang tidak membahagiakan itu, sebab dengan sikap menahan diri maka semua pihak yang ada dalam masyarakat Myanmar dapat diajak untuk berunding, mencari jalan keluar yang paling tepat buat kehidupan bersama di tengah-tengah masyarakat Myanmar.

Tindakan kekerasan tidak dibenarkan dalam ajaran Buddha, karena pada dasarnya manusia hidup bukan dengan kekerasan, tetapi manusia hidup dengan tanpa kekerasan. Kekerasan sama halnya menuju kehancuran hidup, sedangkan tanpa kekerasan itulah yang memelihara hidup ini. Hendaknya pembelaan sikap ego atau pertahanan sikap ego tidak dijadikan cara untuk menyelesaikan masalah, tetapi pembelaan pada kehidupan masyarakat luas itulah yang lebih dipentingkan dan diutamakan.

Sangha Theravāda Indonesia sangat berharap dan mendoakan agar permasalahan yang terjadi di negara Myanmar dapat segera terselesaikan dengan penuh kedamaian, saling pengertian berbagai pihak, dengan mengutamakan Dhamma ajaran Sang Buddha.

Semoga Tiratana selalu melindungi.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia

Kota Mungkid, 28 September 2007

SANGHA THERAVĀDA INDONESIA

Bhikkhu Jotidhammo Mahāthera

Ketua Umum / Sanghanāyaka

Keterangan :
Pesan ini sudah dikirim ke Pemerintah Negara Myanmar lewat Kedubes Myanmar di Jakarta pada tanggal 28 September 2007.

(sumber: www.samaggi-phala.org)

Kata kunci: , , , , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN