Asia Tenggara » Seremonial » Thailand

Thailand Sambut Akhir Vassa dengan Festival Rab Bua – Menerima Lotus

Jumat, 4 Oktober 2019

Bhagavant.com,
Samut Prakan, Thailand – Untuk merayakan berakhirnya Masa Vassa (retret musim hujan) para bhikkhu, Buddhis Thailand menyelenggarakan Festival Rab Bua.

Festival Rab Bua 2016

Kota Distrik Bang Phli di Samut Prakan menjadi tuan rumah bagi Festival Rab Bua (Thai: รับบัว – menerima lotus) di pagi hari pada 12 Oktober 2019.

Festival ini dimulai beberapa dekade saat masyarakat masih bepergian menggunaan perahu di sepanjang Kanal Samrong untuk menghormati rupaka Buddha Luang Phor To di Vihara Bang Phli Yai Nai.

Pada saat itu, ada ladang teratai yang mekar penuh selama bulan Oktober di sepanjang jalur air di Bang Phli. Ketika penduduk setempat pergi ke vihara tersebut untuk puja bakti, terutama pada hari Wan Oak Phansa (Thai: วันออกพรรษา), atau berakhirnya Masa Vassa, mereka memetik bunga lotus untuk mempersembahkannya kepada rupaka Buddha Luang Phor To.

Masyarakat dari komunitas terdekat termasuk distrik Muang dan Phra Pradaeng dan dari tempat-tempat lain juga mengunjungi vihara itu untuk melakukan puja bakti. Mereka juga mendayung perahu mereka di sepanjang Kanal Samrong dan mengumpulkan bunga lotus terbaik untuk dipersembahkan kepada rupaka Buddha Luang Phor To di akhir Masa Vassa.

Mereka yang tinggal di sepanjang kanal juga menunjukkan keramahan mereka dengan memetik lotus dan memberikannya kepada pengunjung bersama dengan makanan dan minuman. Pemberian bunga lotus ini diyakini sebagai awal dari festival Rab Bua modern. Sayangnya festival ini disalahterjemahkan menjadi festival “melempar lotus” alih-alih “menerima lotus”.

Dalam festival Rab Bua saat ini, masyarakat akan mempersembahkan bunga lotus kepada rupaka Buddha yang berada di perahu yang berjalan. Karena jaraknya yang jauh untuk mencapai perahu maka masyarakat melemparkan bunga lotus tersebut dari tepi kanal dan ditangkap oleh para awak perahu.

Acara ini baru-baru ini dipromosikan sebagai satu-satunya seremoni penerimaan lotus di sepanjang jalur air di Thailand.

Seperti yang dilansir Bangkok Post, Jumat (2/10/2019), festival ini akan diselenggarakan untuk ke-84 kalinya tahun ini. Untuk merayakannya, Vihara Bang Phi Yai Nai dan Kota Distrik Bang Phli akan menyelenggarakan pekan raya sembilan hari yang berlangsung mulai Jumat 4 hingga 14 Oktober.

Puncaknya adalah pagi hari tanggal 12 Oktober, ketika sebuah perahu membawa replika rupaka Buddha Luang Pho To yang duduk dan akan berlayar di sepanjang kanal dari Vihara Bang Phli Yai Nai ke Vihara Bang Phli Yai Klang.[Bhagavant, 4/10/19, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: