Selandia Baru » Sosial

Survei: Buddhis adalah Umat Agama Paling Dipercaya Warga Selandia Baru

Kamis, 29 Agustus 2019

Bhagavant.com,
Wellington, Selandia Baru – Umat Buddhis merupakan kelompok umat agama yang paling dipercaya oleh warga Selandia Baru, sebuah survei mengungkapnya.

Buddhis adalah Umat Agama Paling Dipercaya Warga Selandia Baru
Upacara Dana Jubah Kathina di Vihara Bodhinyanarama, Wellington , Selandia Baru, 2016. Foto: Youtube

Sebuah survei oleh Victoria University of Wellington, yang dilakukan sekitar satu bulan setelah penembakan di masjid Christchurch (15 Maret 2019), menguji responden warga, salah satunya tentang seberapa besar warga Selandia Baru mempercayai orang-orang dari berbagai kelompok agama yang tinggal di Selandia Baru.

Survei tersebut mengajukan pertanyaan dengan merujuk pada umat Katolik, Protestan, Evangelis, Muslim, Hindu, Buddhis, Ateis atau Agnostik, dan Yahudi yang hidup di Selandia Baru.

Selain itu, survei tersebut menggunakan skala lima poin untuk direspons, yaitu percaya sepenuhnya, sangat percaya, agak percaya, sedikit percaya, dan tidak percaya sama sekali.

Gbr: victoria.ac.nz

Dan survei yang dilakukan terhadap 1.000 warga Selandia Baru tersebut mengungkapkan bahwa umat Buddhis merupakan kelompok umat agama yang paling dipercaya di Selandia Baru.

“Tiga puluh lima persen warga Selandia Baru memiliki kepercayaan penuh terhadap umat Buddhis,” kata dokter Simon Chapple, direktur Institute for Governance and Policy Studies di Victoria Business School seperti yang dilansir NZME, 8 Agustus 2019.

Lebih banyak warga Selandia Baru yang merasa positif tentang umat Buddhis daripada tidak — 35 persen warga Selandia Baru percaya penuh dan sangat percaya terhadap Buddhis, dan hanya 15,3 persen yang sedikit percaya dan tidak percaya sama sekali.

Dalam Sensus 2013, tercatat ada 58.404 orang umat Buddhis di Selandia Baru dari sekitar 3,9 juta orang yang menjawab pertanyaan tentang agama yang dianutnya.[Bhagavant, 30/8/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: