Tak Berkategori

Festival Pahatan Lilin Meriahkan Awal Masa Vassa di Thailand

Rabu, 17 Juli 2019

Bhagavant.com,
Bangkok, Thailand – Sebuah festival yang menampilkan beragam pahatan dari lilin digelar di River Park IconSiam, Jalan Charoen Nakhon, Bangkok, Thailand.

Pahatan Lilin Meriahkan Awal Masa Vassa di Thailand

Festival yang bertajuk “Iconic Candle Festival” digelar untuk memperingati Masa Vassa (retret musim penghujan) bagi para bhikkhu yang dalam penanggalan Thailand jatuh pada 17 Juli 2019.

Dalam festival tersebut menampilkan dua pameran pahatan lilin yang spektakuler dari Ubon Ratchathani, sebuah provinsi yang terkenal karena menjadi tuan rumah festival lilin terbesar dan paling rumit di Thailand.

Salah satu yang dipamerkan, adalah ukiran lilin setinggi lebih dari 5m, yang memenangkan hadiah utama dalam kontes tahun lalu. Sedangkan ukiran yang lainnya baru-baru ini dibuat untuk acara ini oleh Weera Meesook, seorang pakar kerajinan tangan. Keduanya menggambarkan kisah ibu Pangeran Siddhattha, Ratu Maha Maya dari Sakya, yang memiliki penglihatan di dalam mimpinya.

Pameran mewah tersebut dikelilingi oleh 77 pahatan lilin yang diukir indah, mewakili 77 vihara dari masing-masing provinsi. Umat Buddhis juga didorong untuk membawa lilin kecil yang digunakan dalam puja harian untuk disumbangkan. Semua 77 lilin berukir dan lilin yang disumbangkan akan diberikan ke vihara-vihara yang membutuhkan di 77 provinsi.

Di malam hari, ditampilkan pertunjukan dari wilayah Isan, termasuk tarian kontemporer, musik dan sastra mulai jam 6 sore setiap hari.

Di Rasada Hall di lantai 1, IconSiam, diadakan pameran sejarah Masa Vassa, demonstrasi ukiran lilin setiap hari oleh pengrajin dari Ubon Ratchathani dan lokakarya harian tentang cara membuat bunga dari lilin dari buah pohon Portia. Bunga-bunga ini digunakan untuk menghiasi persembahan lilin istana, menurut tradisi Isan di akhir Masa Vassa.

Semua pengunjung yang ingin ikut serta dalam festival dianjurkan untuk mengenakan kostum tradisional Thailand, dan tidak ada biaya masuk.[Bhagavant, 17/7/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: