Bangladesh

Buddha Purnima 2563 EB Juga Dirayakan Buddhis Bangladesh

Senin, 20 Mei 2019

Bhagavant.com,
Dhaka, Bangladesh – Perayaan Hari Vesak atau Buddha Purnima 2563 EB/2019 juga dirayakan umat Buddhis di Bangladesh pada Sabtu (18/5/2019).

Hari Vesak, para bhikkhu melakukan puja di Vihara Dharmarajika, Dhaka, Bangladesh. Foto: dhakatribune.com

Dengan semangat keagamaan dan kemeriahan, komunitas Buddhis di Bangladesh merayakan Hari Vesak 2563 bersama.

Seperti tempat lain di dunia, komunitas Buddhis di Bangladesh menyelenggarakan berbagai program kegiatan. Mereka menghiasi vihara-vihara dengan bendera Buddhis yang berwarna-warni, puja bakti pagi, prosesi pawai perdamaian yang penuh warna dari para bhikkhu, sanghadana, donor darah dan diskusi keagamaan adalah hal yang paling penting pada hari itu.

Seperti yang dilansir BBS, Sabtu (18/5/2019), selain puja bakti, ceramah Dhamma, dan membaca paritta dan sutta secara berkesinambungan, umat Buddhis dengan mengenakan pakaian putih juga mempersembahkan dupa, bunga, lilin, dan buah-buahan ke hadapan rupaka Buddha sebagai simbol penghormatan.

Umat Buddhis Bangladesh menghabiskan sepanjang hari untuk mendengarkan khotbah tentang kehidupan dan ajaran Buddha.

Program hari itu juga menyelenggarakan pengibaran bendera nasional dan bendera di semua vihara di pagi hari dan melantunkan ayat-ayat suci dari Tipitaka.

Di Ibu Kota Dhaka, sebagai bagian dari program Hari Vesak, Bangladesh Buddha Kristi Prachar Sangha menyelenggarakan “prosesi pawai perdamaian” yang penuh warna dengan partisipasi sejumlah besar umat dari Vihara Sabujbagh Dharmarajika yang berparade jalan-jalan kota yang berbeda di pagi hari.

Federasi Buddhis Bangladesh (BBF) menyelenggarakan program sehari penuh termasuk pertemuan diskusi di International Buddhist Monetary di Merul Badda, Dhaka.

Untuk mengantisipasi keamanan, pihak kepolisian Bangladaesh berjaga-jaga di depan semua vihara di Dhaka.

Di Kota Chattogram (Chittagong), prosesi pawai perdamaian yang penuh warna di bawah naungan Asosiasi Buddhis Bangladesh diselenggarakan dari Vihara Cattagrama Nandan Kanan di kota itu.

Komisaris Polisi Metropolitan Chittagong Mahbubur Rahman, memimpin prosesi pawai yang dihadiri oleh ratusan bhikkhu dan umat dari berbagai usia dan gender.

Di kota itu, para umat juga mengunjungi Vihara Cattagrama Nandan Kanan, Vihara Nabapandit Katalganj, Vihara Internasional Purnachar di Devpahar, Vihara Mughaltooli Shakkyamuni Shoswan di Agrabad dan Vihara Sarbajanin di Momin Road.

Peringatan Hari Vesak di Bangladesh juga dirayakan di Rangamati, Bandarban, Khagrachhari, Cox’s Bazar dan Sylhet serta di distrik lainnya.

Menurut laporan koresponden BBS di Rangamati, para anggota komunitas Buddhis merayakan Buddha Purnima di kota tersebut seperti di tempat lain di distrik ini dengan hikmat dan antusiasme yang khusyuk.

Memperingati Hari Vesak 2563 EB, prosesi pawai perdamaian, puja bakti, juga diadakan di Vihara Rajban, Rangamati.

Di Bandarban, anggota komunitas Buddhis merayakan Buddha Purnima di dengan berbagai kegiatan. Prosesi penuh warna juga diselenggarakan dari kota-kota di Distrik Rajbari dan diarak di jalan-jalan kota yang berbeda.[Bhagavant, 20/5/19, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: