Indonesia

SMI Sampaikan Pesan Waisak 2563 EB/2019, Ini Isinya

Jumat, 10 Mei 2019

Bhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sangha Mahayana Indonesia menyampaikan Pesan Waisak 2563 Era Buddhis/2019.

Pesan Waisak 2563 EB/2019 Sangha Mahayana Indonesia

Pesan yang ditandatangani oleh Y.M. Kusala Sasana Mahasthavira sebagai Ketua Umum Sangha Mahayana Indonesia tersebut mengajak umat Buddha untuk menjaga persatuan dan mengedepankan kebersamaan.

Berikut Pesan Waisak 2563 EB/2019 dari Sangha Mahayana Indonesia.


Terpujilah para Buddha Dharma dan Sangha serta Para Bodhisattva Mahasattva di 10 penjuru alam di 3 masa. Setiap tahun kita memperingati kelahiran dari Bodhisattva Siddharta Gautama. Guru para Deva dan Manusia yang menuntun kita keluar dari lingkaran samsara. Sebagai bentuk rasa bakti dan terima kasih terhadap Hyang Guru maka hari ini kita memperingatinya dengan melakukan upacara pemandian rupang Bodhisattva Siddharta.

Tema waisak SMI tahun ini adalah “Menghargai perbedaan dan menjaga kebersamaan untuk persatuan.”

Umat Buddha di dunia memiliki Guru yang sama tetapi pada penyebarannya kemudian memiliki banyak aliran dan sekolah yang berbeda, dari segi budaya, geografis dan perkembangan ajaran Buddha. Tetapi semua itu memiliki esensi dan intisari serta rasa Dharma yang sama. Maka betapa pentingnya kebersamaan di era globalisasi di zaman serba keterbukaan, khususnya menjaga persatuan dan menjauhkan dari segala hal yang dapat memecah belah antar umat Buddha sendiri.

Karena ajaran Buddha adalah ajaran yang memberikan kedamaian kebahagiaan dan kesejahteraan bagi umat manusia. Ajaran yang menghindari kebencian, permusuhan dan perbuatan yang merugikan satu dengan yang lainnya.

Tugas kita ke dalam menjaga persatuan, dan mengedapankan kebersamaan dalam suasana kekeluargaan antar sesama Aliran Agama Buddha. Ke luar kita tetap menjaga persatuan dan keharmonisan antar agama dalam menjaga Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta.

Ini adalah tugas kita semua.

Semoga acara Waisak tahun ini dapat mewujudkan jiwa Buddha dan sifat Bodhisattva dalam diri. Banyak berbuat kebajikan dan menjauhi kejahatan.

Semoga semua makhluk hidup berbahagia

Tdt.

Bhiksu Kusala Sasana Mahasthavira

Ketua Umum


Sangha Mahayana Indonesia telah menggelar Perayaan Waisak 2563 EB/2019 pada Minggu (5/5/2019) di Sekolah Mahabodhi Vidya, Jakarta.[Bhagavant, 10/5/19, Sum]

Kata kunci: , , ,
Penulis: