Seremonial » Vietnam

Lebih 1.600 Delegasi Akan Hadiri Hari Vesak PBB Ke-16 di Vietnam

Jumat, 10 Mei 2019

Bhagavant.com,
Han Nam, Vietnam – Sebanyak 1.650 delegasi dari 112 negara dan teritori di seluruh dunia telah mendaftar untuk menghadiri Hari Vesak PBB Ke-16.

Logo Hari Vesak PBB Ke-16 di Vietnam
Logo Hari Vesak PBB Ke-16 di Ha Nam, Vietnam. Foto: FB vesak2019

Dalam jumpa pers di Tam Chuc Buddhism Culture Centre pada 6 Mei, Wakil Ketua dan Sekretaris Jenderal Dewan Eksekutif Sangha Vietnam (VBS), Y.M. Thich Duc Thien, yang juga Sekretaris Jenderal Komite Internasional untuk Hari Waisak, mengatakan Hari Vesak Perserikatan Bangsa-Bangsa yang akan mengambil tema “Pendekatan Buddhis untuk Kepemimpinan Global dan Tanggung Jawab Bersama untuk Masyarakat Berkelanjutan” dijadwalkan 12-14 Mei 2019 di Provinsi Ha Nam.

Hampir 400 ceramah dalam bahasa Inggris oleh para cendikiawan luar negeri dan 110 lainnya dalam bahasa Vietnam akan dipresentasikan di forum tersebut.

[Baca juga: Berikut Pesan Vesak 2563 EB/2019 Sekjen PBB António Guterres]

Forum Hari Vesak PBB tersebut akan fokus pada pendekatan Buddhis pada: Kepemimpinan yang berkesadaran untuk perdamaian yang berkelanjutan, kesehatan keluarga harmonis dan masyarakat yang berkelanjutan, pendidikan global untuk etika, revolusi keempat dan Agama Buddha, dan penggunaan sumber daya yang bertanggung jawab dan pembangunan yang berkelanjutan.

Tam Chuc Buddhism Culture Centre di Ha Nam, Vietnam. Foto: FB vesak2019

Perayaan Hari Vesak 2563 akan mencakup kegiatan budaya spiritual seperti tradisi pemandian rupaka Bayi Bodhisattva Siddhartha, puja bakti untuk perdamaian dan kemakmuran nasional, pelepasan lentera malam untuk perdamaian dunia dan pameran foto di vihara-vihara yang diakui sebagai warisan dunia di Vietnam.

Para umat Buddhis dan tamu ke acara tersebut akan mendapatkan kotak makan siang gratis.

Acara ini akan menjadi acara diplomatik penting untuk meningkatkan peran VBS di tengah integrasi global serta meningkatkan ikatan antara VBS dan Sangha lainnya di dunia. Acara ini juga akan memberi Vietnam kesempatan untuk memperkenalkan budaya, sejarah, dan masyarakatnya kepada rekan-rekan internasional.

Infomasi lebih lanjut dapat mengakses situs web UNDV 2019.[Bhagavant. 10/5/19, Sum]

Kata kunci: , ,
Penulis: