Jepang » Sains » Teknologi

Midar Robot Android Peniru Bodhisattva Avalokitesvara di Jepang

Senin, 4 Maret 2019

Bhagavant.com,
Kyoto, Jepang – Sebuah robot android yang dirancang terinspirasi dari Bodhisattva Avalokitesvara atau dalam bahasa Jepang disebut Kannon, diluncurkan di Vihara Kodai (Kodai-ji), Kyoto, pada Sabtu (24/2/2019).

Midar, robot android yang dirancang meniru Bodhisattva Avalokitesvara atau Kannon.
Midar, robot android yang dirancang meniru Bodhisattva Avalokitesvara atau Kannon. Foto: Youtube

Di aula yang remang-remang di Vihara Kodai berusia 400 tahun itu, android bernama Mindar tersebut memberikan ajaran mengenai Prajnaparamita Hrdaya Sutra (Sutra Hati) dan kemanusiaan kepada para bhiksu dan perwakilan media, sementara musik fantastik dimainkan, dan teks terjemahan bahasa Inggris dan Tionghoa dari ceramah tersebut diproyeksikan di dinding. Ini merupakan ajaran pertamanya sebelum memulai fungsi khotbahnya resminya kepada publik di akhir pekan ini.

Dengan tangan beranjali, robot Android Kannon tersebut menambahkan pembaruan modern ke vihara terkenal yang dibangun oleh istri Toyotomi Hideyoshi, panglima perang abad ke-16 yang menyatukan Jepang, untuk memperingati suaminya tersebut.

Robot tersebut adalah produk kolaborasi antara Vihara Kodai dan Hiroshi Ishiguro, seorang profesor robotika cerdas di Universitas Osaka. Vihara Kodai mendekati Ichiguro dan timnya dengan permintaan untuk membuat robot humanoid atau android yang dapat berbagi ajaran Buddha dengan cara yang mudah dimengerti, membantu membawa ketenangan pikiran kepada orang-orang yang bermasalah yang datang ke vihara tersebut untuk bimbingan.

“Agama Buddha melihat penyebaran fenomenal di dunia dengan munculnya rupaka-rupaka Buddhis,” kata Pandeta Tensho Goto, di vihara di Distrik Higashiyama tersebut, seperti yang dilansir The Asahi Shimbun, Minggu (24/2/2019). “Kami berharap bahwa Android Kannon akan membantu ajaran Buddha menjangkau hati orang-orang saat ini.”

Robot android Mindar, yang memiliki kamera terpasang di mata kirinya, tingginya 195 sentimeter, termasuk dasarnya, dan beratnya 60 kilogram. Tubuhnya sebagian besar terbuat dari aluminium, dengan silikon digunakan untuk wajah dan tangannya.

Ia dapat menggerakkan kepalanya, juga lengan dan dada, yang memiliki bagian mekanis tembus pandang.

Bodhisattva Avalokitesvara (Mandarin: Guanyin) atau Kannon sendiri merupakan Bodhisattava Belas Kasih yang diyakini dalam Agama Buddha tradisi Mahayana.

Pameran khusus Android Kannon tersebut dijadwalkan akan berlangsung mulai 8 Maret hingga 6 Mei 2019.[Bhagavant, 4/3/19, Sum]

Kata kunci:
Penulis: