India

Bertemu Dalai Lama, CEO Twitter Menyebutnya Guru yang Luar Biasa

Minggu, 18 November 2018

Bhagavant.com,
Dharamsala, India – Salah satu pendiri dan CEO media sosial Twitter, Jack Patrick Dorsey bertemu dengan Y.M. Dalai Lama Ke-14 di New Delhi pada Jumat pekan lalu.

Dalai Lama Ke-14 (kiri) dan CEO Twitter Jack Patrick Dorsey (tengah).
Dalai Lama Ke-14 (kiri) dan CEO Twitter Jack Patrick Dorsey (tengah). Foto: phayul.com

Dalam akun Twitternya, Dorsey mencuitkan foto pertemuan tersebut dan menulis, “Terima kasih, @DalaiLama. Anda adalah seorang guru yang luar biasa”.

Kantor Dalai Lama di Dharamsala melaporkan bahwa dalam pertemuan tersebut Dorsey berterima kasih kepada Dalai Lama karena telah menggunakan Twitter. Dorsey juga bertanya mengenai tindakan apa yang paling berdampak dalam membawa kebersamaan di antara beragam keyakinan.

Atas pertanyaan tersebut Dalai Lama menjawab bahwa menyatakan kasih sayang dan rasa hormat secara umum adalah yang menyatukan orang-orang di sebagian besar situasi.

Pertemuan kedua tokoh tersebut disebut-sebut sebagai bujukan atas adanya upaya penghentian pasar Twitter di Tiongkok. Banyak pendapat mengatakan bahwa kemungkinan besar Beijing akan menghentikan pembicaraan kembali apa pun mengenai aplikasi media sosial tersebut di pasar Tiongkok yang menguntungkan.

Para pengamat juga mengatakan bahwa saat banyak aplikasi dan perusahaan media sosial mematuhi norma-norma sensor yang ketat dan berada dalam keputusan Tiongkok untuk mendapatkan akses ke pasarnya, langkah CEO Twitter tersebut dipandang sebagai sesuatu yang berani dan tidak biasa dari dunia bisnis yang kejam.

Menurut Techcrunc, meskipun dilarang di Tiongkok sejak 2009, Twitter memiliki lebih dari 10 juta pengguna di Tiongkok. Techcrunch juga mengatakan bahwa pengguna Twitter di Tiongkok mengakses aplikasi terlarang tersebut dengan menggunakan jaringan pribadi virtual, atau VPN yang menghindari sensor pemerintah.

Di seluruh dunia, Twitter memiliki 335 juta pengguna aktif per Juli tahun ini dan mencatat pendapatan 2,44 miliar Dolar AS tahun lalu. Perusahaan ini memiliki anak perusahaan seperti Vine, Periscope dan MoPub.

Akun Twitter resmi Dalai Lama yang dibuat pada Februari 2009 memiliki 18,8 juta pengikut dan telah mencuitkan 1410 kali hingga saat ini. Akun Dalai Lama sendiri tidak mengikuti akun siapa pun, dan mayoritas mencuitkan tentang nasihat-nasihat moral.[Bhagavant, 18/11/18, Sum]

Kata kunci: ,
Penulis: