Eropa » Inggris Raya » Seremonial

Buddhis di Birmingham Bersiap Sambut Hari Dhamma

Minggu, 4 Juni 2017

Bhagavant.com,
West Midlands, Inggris Raya – Umat Buddhis di seluruh dunia termasuk di Birmingham, Inggris, bersiap untuk merayakan peringatan hari raya yang dikenal dengan Hari Dhamma.

Sejumlah bhikkhu melakukan puja bakti di Maha Vihara Birmingham, Hockley, Aston. Foto: birminghammail.co.uk

Hari Dhamma yang dikenal dibeberapa tempat sebagai Asalha Puja (Skt: Asadha Puja), Asala Dharma, atau Asanha Bucha, umumnya jatuh pada saat purnama, 7 pekan setelah Hari Vesak. Tahun ini hari besar ini jatuh pada Minggu, 9 Juli 2017.

Seperti yang dilansir Birmingham Mail, Jumat (2/6/2017), Birmingham memiliki sejumlah sentra Buddhis termasuk vihara, di antaranya di daerah Moseley (Birmingham Buddhist Centre), Hockley-Aston (Maha Vihara Birmingham), Ladywood (Stupa Dhamma Talaka), Handsworth (Vihara Tu Dam dan Vihara Jethavana), Edgbaston (Karma Ling Buddhist Centre), Stirchley (Tibetan Buddhist Meditation Centre), dan Erdington (Samantabhadra Centre)

Asalha Puja adalah salah satu hari raya penting dalam Agama Buddha, memperingati khotbah pertama Sri Buddha di mana Ia mengungkapkan Dhamma inti segala sesuatu yang Ia pelajari saat Ia mencapai pencerahan.

Ajaran tersebut dikenal sebagai Empat Kebenaran Arya (Mulia), yaitu: tentang penderitaan (dukkha), pengetahuan bahwa penderitaan disebabkan oleh keinginan (tanha), bahwa ada sesuatu (Nibbana) di luar hal-hal itu, dan jalan menuju Nibbana melalui Jalan Mulia Berunsur Delapan.

Setelah Sri Buddha memberikan khotbah pertama ini yang diberikan kepada 5 kelompok petapa, Ia mendirikan sangha (komunitas bhikkhu) untuk pertama kalinya.

Memperingati diungkapkannya Dhamma dalam khotbah pertama tersebut, maka hari itu disebut sebagai Hari Dhamma (Skt: Dharma).

Hari Dhamma ini adalah waktu bagi umat Buddhis bersyukur pada Dhamma yang telah diungkapkan oleh Sri Buddha.

Dan hari ini diperingati dengan berbagai kegiatan keagamaan seperti mempersembahkan dana dan mendengarkan pengulangan khotbah khususnya Dhammacakkappavattana Sutta, yang merupakan khotbah pertama Sri Buddha.

Keesokan hari setelah Hari Asalha Puja, para bhikkhu mulai melakukan retret musim penghujan selama 3 bulan yang disebut dengan masa vassa.

Berdasarkan sensus 2011, setidaknya 0,4% dari 1 juta lebih penduduk Kota Birmingham mengidentifikasi diri mereka sebagai Buddhis.[Bhagavant, 4/6/17, Sum]

Kata kunci: ,