Thailand » Travel

Setelah 10 Tahun, Ribuan Lotus Kembali Mekar di Taman Air Nasional Thailand

Jumat, 19 Mei 2017

Bhagavant.com,
Prachuap Khiri Khan, Thailand – Ribuan bunga lotus yang merupakan simbol kesucian dan kebijaksanaan, untuk pertama kali dalam sepuluh tahun kembali mekar di sebuah rawa di taman air nasional di Thailand.

Ribuan bunga lotus mekar di Taman Air Nasional Khao Sam Roi Yot, Distrik Kui Buri, Provinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand.
Ribuan bunga lotus mekar di Taman Air Nasional Khao Sam Roi Yot, Distrik Kui Buri, Provinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand. Foto: Youtube AFP

Lautan warna merah muda di Taman Nasional Khao Sam Roi Yot yang terletak tiga jam perjalanan di sebelah selatan Bangkok, diharapkan dapat menarik para wisatawan untuk menikmati keindahan pemandangan alam tesebut.

Namun fenomena ini diiringi dengan sebuah kekhawatiran akan kerapuhan lingkungan dan para petugastaman nasional menghimbau agar masyarakat tidak berkunjung hingga rawa tersebut cukup sehat untuk menghadapi arus masuk wisatawan.

“Tapi, saat ini seharusnya mereka (para wisatawan) tidak datang,” kata Rungroj Aswakultarin, kepala petugas taman air nasional tersebut, seperti yang dilansi AFP, Jumat (19/5/2017).

“Taman nasional sedang dalam proses memulihkan lotus-lotus tersebut. Ketika sampai pada waktu yang tepat taman akan diperlihatkannya ke publik,” katanya.

Peringatan tersebut dapat dipahami lantaran sepuluh tahun belakangan taman yang berupa danau berawa tersebut tidak memperlihatkan mekarnya bunga-bunga lotus yang ada di sana.

Tidak ada yang bisa menjelaskan mengapa hal itu terjadi. Tapi para petugas menduga karena adanya kekeringan dan juga polusi dari pupuk dan perternakan makanan laut yang ada di dekat sana.

Dalam beberapa tahun terakhir para petugas taman telah mencoba untuk membersihkan taman dan tahun ini dihargai dengan lautan bunga merah muda.

Thailand berjuang untuk menyeimbangkan industri pariwisata yang menguntungkan dengan melestarikan lingkungan.

Dalam dekade terakhir jumlah pendatang asing meningkat lebih dari dua kali lipat dari 13,8 juta di tahun 2006 menjadi rekor 32,5 juta tahun lalu, pertumbuhan tersebut sebagian didukung oleh kedatangan warga dari Tiongkok.

Pekan ini sekitar 61 taman nasional, termasuk 25 taman air, ditutup bagi pengunjung untuk musim monsun, sebuah langkah tahunan untuk mencoba dan membantu memulihkan ekosistem yang ada di taman-taman tersebut.

Namun beberapa pemerhati lingkungan berpendapat bahwa ekosistem yang paling rentan perlu ditutup lebih lama, atau perlunya pembatasan jumlah pengunjung secara ketat.

Taman Nasional Khao Sam Roi Yot merupakan taman air nasional Thailand di Distrik Kui Buri, Provinsi Prachuap Khiri Khan, Thailand. Taman tersebut mencakup area seluas 98,08 km persegi, yang sekitar 20,88 km persegi adalah wilayah air.

Taman tersebut didirikan pada tahun 1966, dan merupakan taman pantai nasional pertama di Thailand. Taman ini mencakup rawa air tawar terbesar di Thailand.

Beberapa atraksi yang dapat ditemukan di taman tersebut antara lain Gua Phraya Nakhon, Gua Kaeo, Gua Sai, Pantai Laem Sala, Pantai Sam Phraya, dan kolam lotus di rawa air tawar Thung Sam Roi Yot.[Bhagavant, 19/5/17, Sum]

Kata kunci: