Amerika » Amerika Serikat » Seremonial

Pesan Vesak 2017 dari Sekretaris Jenderal PBB António Guterres

Senin, 8 Mei 2017

Bhagavant.com,
New York, Amerika Serikat – Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa António Guterres menyampaikan Pesan Vesak 2017 dalam sebuah pernyataan dan pesan resminya.

Dalam rilis pers situs resmi PBB pada Kamis (4/5/2017), Sekjen PBB mengeluarkan pernyataan dan pesan resmi No. SG/SM/18510-OBV/1723 untuk memperingati Hari Vesak 2017 yang jatuh pada Rabu (10/5/2017) waktu Amerika Serikat.

Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres
Sekretaris Jenderal PBB, António Guterres

António Guterres, dalam pesannya menyampaikan pesan abadi Sri Buddha mengenai belas kasih dalam menghadapi penderitaan. Ia juga mengutip perkataan Vimalakīrti dalam Vimalakīrti Nirdeśa Sūtra mengenai penyakit. Berikut Pesan Vesak 2017 dari Sekretaris Jenderal PBB António Guterres.

Saya menyampaikan salam hangat saya kepada semua yang merayakan Hari Vesak untuk menghormati kelahiran Sri Buddha. Setiap orang bisa menarik inspirasi dari perjalanan-Nya. Lahir sebagai pangeran dilindungi, Shakyamuni pergi keluar ke dunia untuk menghadapi dan mengatasi penderitaan manusia. Seperti satu sutra menyatakan: “Karena semua makhluk hidup merupakan subyek dari pesakit, saya sakit juga.”

Pesan kasih sayang ini tidak lekang oleh waktu. Dalam dunia kita yang saling berhubungan, tidak akan ada kedamaian selama orang lain dalam bahaya; tidak ada keamanan selama orang lain menderita kekurangan; tidak ada masa depan yang berkelanjutan sampai semua anggota keluarga manusia kita menikmati hak asasi mereka. Pada Hari Vesak ini, marilah kita merayakan kebijaksanaan Sri Buddha dengan melakukan aksi untuk orang lain dengan semangat solidaritas yang kuat.


Hari Vesak merupakan salah satu dari hari dalam daftar Hari Internasional yang diperingati oleh Perseriaktan Bangsa-Bangsa. Sumbangsih Agama Buddha bagi dunia menjadi alasan bagi diakuinya Hari Vesak sebagai Hari Internasional.[Bhagavant, 8/5/17, Sum]

Kata kunci: , , ,