Seremonial » Sri Lanka

Sri Lanka Jadi Tuan Rumah Hari Vesak PBB Ke-14

Kamis, 4 Mei 2017

Bhagavant.com,
Kolombo, Sri Lanka – Perayaan peringatan Hari Vesak PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa) Ke-14 akan diselenggarakan di Sri Lanka dengan dihadiri oleh para tokoh dan pemimpin Buddhis di seluruh dunia.

Logo Hari Vesak PBB Ke-14 di Sri Lanka.
Logo Hari Vesak PBB Ke-14 di Sri Lanka.

Perayaan selama tiga hari tersebut akan dimulai pada 12 Mei di Kolombo dan upacara penutupan diselenggarakan pada 14 Mei 2017 di Kandy.

Perdana Menteri India Narendra Modi dan Presiden Nepal Bidya Devi Bhandari telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka dalam perayaan Hari Vesak PBB.

“Kami senang bahwa kami bisa mendapatkan konfirmasi dari dua pemimpin terpenting untuk perayaan tersebut. Dari 85 negara, 72 telah mengonfirmasi keikutsertaan mereka dalam acara ini,” kata Menteri Agama Buddha dan Keadilan Sri Lanka Wijayadasa Rajapakshe, seperti yang dilansir Sunday Observer, Selasa (30/4/2017).

“Perdana Menteri India akan menghadiri upacara pembukaan, sementara upacara penutupan akan dihadiri oleh Presiden Nepal. Sejauh ini sudah 13 kali acara tersebut (diselenggarakan) dan ini pertama kalinya perayaan Hari Vesak PBB diadakan di Sri Lanka. Perayaan tersebut telah diadakan 11 kali di Thailand dan dua kali di Vietnam,” kata Menteri Wijayadasa.

Komite yang menyelenggarakan perayaan Hari Vesak PBB telah mempertimbangkan permintaan dan pengajuan yang dilakukan oleh pemerintah Sri Lanka sebelum memberi kesempatan kepada negara pulau tersebut untuk menyelenggarakan acara tersebut.

“Semua persiapan telah selesai dan kami siap untuk merayakannya,” kata Menteri Wijayadasa.

Bersamaan dengan perayaan Hari Vesak, akan diadakan Zona Vesak Diyawanna pada tanggal 12 Mei dan seminar sehari penuh pada tanggal 13 Mei. Juga akan ada acara budaya dengan partisipasi tiga hingga empat negara termasuk Sri Lanka, India dan Thailand.

Sri Lanka sendiri telah mempercantik diri untuk menyelenggarakan perayaan yang tahun ini mengangkat tema: “Ajaran Buddhis untuk Keadilan Sosial dan Keberlanjutan Perdamaian Dunia”.

Hari Vesak PBB (United Nations Day of Vesak) merupakan acara peringatan Hari Vesak yang diselenggarakan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa.

Peringatan Hari Vesak oleh PBB merupakan suatu bentuk pengakuan PBB atas kontribusi Agama Buddha di dunia. Pengakuan tersebut tertuang dalam Resolusi PBB No. 54/115 tahun 1999.

Berdasarkan resolusi tersebut peringatan Hari Vesak ditetapkan oleh PBB setiap tahun pada Purnama di bulan Mei dan menjadi Hari Internasional.[Bhagavant, 4/5/17, Sum]

Kata kunci: , ,