Asia Oseania » India » Tokoh

Pemimpin Spiritual Buddhis Tradisi Gelug, Ganden Tripa Ke-103 Wafat

Selasa, 25 April 2017

Bhagavant.com,
Delhi, India – Y.M. Ganden Tripa Ke-103 Jetsun Lobsang Tenzin, pemimpin spiritual Buddhis tradisi Gelug dari Agama Buddha di Tibet, wafat pada usia 80 tahun, demikian yang disampaikan anggota Gelug Parlemen Tibet.

Ganden Tripa Ke-103 Jetsun Lobsang Tenzin
Ganden Tripa Ke-103 Jetsun Lobsang Tenzin

“Kami dengan sangat menyayangkan menginformasikan kepada semua orang bahwa Ganden Tripa Rinpoche etsun Lobsang Tenzin wafat pada pukul 23.45 pada tanggal 21 April 2017. Beliau telah dirawat sejak beberapa bulan terakhir dan menghembuskan napas terakhirnya di rumah sakit Max di Delhi tadi malam,” Kata Geshe Lharampa Atuk Tseten dan Y.M. Gowa Phendey, keduanya anggota parlemen Tibet di pengasingan yang mewakili tradisi Gelug, seperti yang dilansir situs Pemerintah Tibet Pusat, Sabtu (22/4/2017).

Mereka selanjutnya mendorong seluruh umat untuk menggelar kebaktian khusus.

Dr. Lobsang Sangay, pemimpin Pemerintah Tibet Pusat mengatakan,”dengan kesedihan yang dalam, saya atas nama semua masyarakat Tibet berharap agar Kyabje Rinpoche Jetsun Lobsang Tenzin akan terlahir kembali dan meneruskan misinya untuk menyebarkan ajaran Sri Buddha dan Yang Mulia Dalai Lama.”

“Semoga beliau dilahirkan kembali di Tibet, negeri salju,” kata Dr. Lobsang Sangay menambahkan.

Pada bulan Oktober tahun lalu, Y.M. Dalai Lama menunjuk Kyabje Jetsun Lobsang Tenzin menjadi Ganden Tripa Ke-103, pemimpin spiritual Buddhis tradisi Gelug dari Agama Buddha di Tibet.

Penunjukkan tersebut dilakukan setelah masa jabatan Ganden Tripa Ke-102 Thubten Nyima Lungtok Tenzin Norbu, selama 7 tahun berakhir.

Upacara penobatan Ganden Tripa Ke-103 dilakukan pada tanggal 5 November 2016 di Ganden Trithok Khang, kantor dan tempat tinggal Ganden Tripa di Pemukiman Tibetan di Mundgod, India.

Ganden Tripa atau Gaden Tripa yang berarti “Pemegang Tahta Ganden” merupakan titel spiritual dari tradisi Gelug Agama Buddha di Tibet. Je Tsongkhapa (1357-1419), yang mendirikan tradisi Gelug adalah Ganden Tripa pertama. Sejak itu, garis silsilahnya dipegang oleh para Ganden Tripa.

Ganden Tripa secara otomatis ditunjuk setiap 7 tahun sekali, dari salah satu satu atau yang lainnya dari dua Chojey (kepala vihara) dari Vihara Ganden secara bergantian. Kedua kepala Vihara Ganden tersebut masing-masing bergelar Gaden Shartse dan Gaden Jangtse

Penunjukan tersebut dilakukan setelah ada sebuah konfirmasi dari Y.M. Dalai Lama yang mengumumkan pengangkatan atau nominasi pada saat pergantian.

Biografi singkat

Pada tahun 1937, Y.M. Jetsun Lobsang Tenzin lahir dari klan Sesha di Desa Yara di Distrik Dechen di Tibet Timur, terletak di sebelah tenggara Vihara Tsem di Yagra. Pada usia 9 tahun beliau bergabung dengan Vihara Tsem tempat beliau menerima pendidikan awal dan dasar.

Setelah itu, beliau bergabung dengan Universitas Keviharaan Drepung Loseling untuk pendidikan tinggi tempat beliau menerima berbagai ajaran dari guru spiritual ternama seperti Y.M. Khensur Pema Gyaltsen, Shakor Khen Rinpoche Nyima Gyaltsen, Kyabje Denma Lochoe Rinpoche, Tehor Gen Lobsang Dhondup. Beliau juga menerima banyak ajaran dari Y.M. Dalai Lama dan dua pembimbing tertingginya.

Pada tahun 1959, Jetsun Lobsang Tenzin mengikuti Y.M. Dalai Lama ke pengasingan dan melanjutkan studinya di Buxar. Pada tahun 1964 beliau mengambil sumpah pentahbisan penuh sebagai bhiksu dari Y.M. Dalai Lama di Dharamsala. Dengan sebagian besar vihara utama yang direlokasi di India Selatan, Jetsun Lobsang Tenzin melayani Vihara Drepung Loseling dengan berbagai kapasitas.

Pada tahun 1982, beliau dianugerahi gelar Geshe Lharampa, setara dengan gelar doktor dalam bidang filsafat dan gelar pelatihan tertinggi dalam Agama Buddha di Tibet. Pada tahun 1983, beliau bergabung dengan Vihara Tantra Gyuto untuk studi Tantra tingkat lanjut. Dari 1987 hingga 1989, beliau menjabat sebagai kepala disiplin dari Vihara Drepung Tsokchen dan Loseling.

Pada tahun 1990, Y.M. Dalai Lama menunjuknya sebagai Lama Umse, asisten kepala Vihara Gyuto dan kemudian mempromosikannya sebagai kepala Vihara Gyuto Ke-119 pada tahun 1993. Setelah menyelesaikan masa jabatannya sebagai kepala vihara, beliau kembali ke Vihara Drepung Loseling Untuk terus mengajar dan melatih para bhiksu untuk gelar Geshe. Pada tahun 2003, dia secara resmi bertakhta sebagai Sharpa Chojey di Vihara Ganden.[Bhagavant, 25/4/17, Sum]

Kata kunci: , ,