Australia » Meditasi

Ini Rahasia Spiritual Sejumlah Atlet Aussie Agar Unggul di Dalam dan Luar Lapangan

Kamis, 9 Maret 2017

Bhagavant.com,
Canberra, Australia – Memenangkan suatu kompetisi atau pertandingan merupakan dambaan para atlet olahraga. Sejumlah atlet Aussie (Australia) unggulan membagikan rahasia spiritual mereka dalam meraih puncak kejayaan mereka dan mengatasi segala tekanan yang ekstrem.

Lance Franklin (merah-putih) dari Sydney Swans.
Lance Franklin (merah-putih) dari Sydney Swans. Foto: sydneyswans.com.au

Brett Kirk, asisten pelatih klub sepak bola (football) Australia, Sydney Swans, merupakan salah satu yang paling ditakuti oleh para pesaingnya selama karirnya bermain dengan klub AFL. Ia percaya bahwa praktik meditasi kesehariannya yang membantunya mencapai puncak prestasinya di olahraga tersebut.

“Meditasi memberi Anda kejernihan yang besar. Football seperti kehidupan. Kehidupan merupakan permainan yang sangat kacau,” kata Kirk seperti yang dilansir ABC News, Minggu (5/3/2017).

Kirk mengatakan ia mulai berlatih meditasi dan berkesadaran penuh saat di Swans di usia awal 20-an setelah kematian seorang sahabat dekatnya.

“Seperti kebanyakan anak muda Anda berjungkir balik dan bergejolak dan saya benar-benar tidak tahu apa yang terjadi,” katanya.

“Saya menemukan meditasi benar-benar menyamankan bagi saya dan juga memungkinkan saya untuk mengatasi beberapa kemarahan dan hal-hal lainnya yang berbeda yang terjadi di dalam diri saya.”

Brett Kirk bersama Y.M. Bhiksuni Robina Courtin
Brett Kirk bersama Y.M. Bhiksuni Robina Courtin. Foto: Edwina Pickles (The Age)

Begitu juga dengan perjalanan meditasi atlet kriket Australia, Cam Bancroft, yang serupa.

“Saya tahu bahwa pada saat itu saya memiliki sejumlah ciri kepribadian yang benar-benar intens, yang benar-benar fokus,” kata Bancroft.

“Dan sementara mereka (kepribadian tersevut) adalah kekuatan saya … mampu menyesuaikan kembali ke sebuah kondisi yang benar-benar relaks, (maka) pendekatan yang pasif merupakan sesuatu yang harus saya pelajari dan kembangkan.”

Justin Langer, pelatih Bancroft di Perth Scorchers (tim kriket Australia) dan juga sebagai mantan pemukul pembukaan, menjelaskan rutinitas meditasi sebagai bagian terpenting dari zamannya.

Dan sekarang di usianya yang baru 24 tahun, Bancroft telah menjadi guru meditasi.

“Saya pikir meditasi merupakan bagian yang sangat penting dari hidup Anda. Menakjubkan apa yang dapat Anda alami di dalam pikiran Anda sendiri ketika Anda memiliki sikap yang benar-benar pasif dalam cara berpikir Anda,” kata Bancroft.

Sandy Gordon, seorang asosiasi profesor di Sekolah Latihan Sains Olahraga dan Kesehatan Universitas Australia Barat, mengatakan penelitian menunjukkan adanya manfaat yang tak terhitung jumlahnya bagi atlet yang berlatih meditasi dan berkesadaran penuh, termasuk berkurangnya stres dan kecemasan, dan meningkatkan kreativitas yang lebih besar.

Ia mencontohkan kemampuan otak untuk beradaptasi sebagai faktor kunci.

“Neuroplastisitas di otak kita dikenal sebagai peningkat terbesar kesejahteraan dalam hal pengampunan, belas kasih diri, meningkatkan kinerja seseorang di posisi kepemimpinan dalam situasi yang sangat mudah berubah,” katanya.

“Jadi sekarang ada cukup kepustakaan yang kuat mengenai manfaat praktik berkesadaran.”

Kirk mengatakan para atlet memanfaatkan meditasi dengan tujuan yang sama ketika mereka melakukan yoga dan es-mandi di masa lalu.[Bhagavant, 9/3/17, Sum]

Kata kunci: ,