Eropa » Rusia

Stupa Pertama di Wilayah Arktika Diresmikan di Rusia

Selasa, 23 Agustus 2016

Bhagavant.com,
Moskow, Rusia – Stupa pertama yang berada di wilayah Arktika, wilayah di sekitar Kutub Utara Bumi, telah resmi dibuka di kota Apatity, Murmansk Oblast, terletak sekitar 1.050 mil sebelah utara Moskow, pada awal bulan ini.

Stupa Pencerahan di kota Apatity, Murmansk Oblast, Rusia, merupakan stupa pertama di wilayah yang berada di wilayah Arktika.
Stupa Pencerahan di kota Apatity, Murmansk Oblast, Rusia, merupakan stupa pertama di wilayah yang berada di wilayah Arktika. Foto: rbth.com

Lama Rinpoche Tangrang Pema Lhundrup Gyatso, seorang pandita asal Tibet, datang ke kota tersebut untuk melakukan pemberkatan terhadap stupa yang diberi nama “Stupa Prosvetleniya” (Stupa Pencerahan) pada 4 Agustus 2016, seperti yang dilansir RBTH Selasa (9/8) dari saluran TV Rusia, TV-21.

Pembangunan stupa yang diharapkan membawa perdamian dan harmoni tersebut dimulai bulan Oktober 2014 atas prakarsa dua bersaudara sekaligus pengusaha setempat, Igor dan Oleg Belyaev.

Stupa Pencerahan tersebut merupakan salah satu dari delapan jenis stupa dalam tradisi Tibet, yaitu stupa yang menyimbolkan pencapaian Pencerahan Petapa Gotama di bawah Pohon Bodhi, saat Ia menaklukkan Mara.

Stupa sendiri merupakan objek sebagai tempat untuk menyimpan relikui Buddha atau orang suci lainnya.

Stupa pencerahan di kota Apatity, Murmansk Oblast, Rusia.
Stupa pencerahan di kota Apatity, Murmansk Oblast, Rusia. Foto: rbth.com.

Kedatangan Lama Rinpoche Tangrang Pema Lhundrup Gyatso tersebut didampingi oleh Lama asal Rusia Nikolai Akhmerov yang merupakan salah satu dari sedikit para ahli yang dapat menerjemahkan bahas Tibet ke bahasa Rusia.

“Agama Buddha di Rusia menempati sejarah yang panjang berabad-abad,” kata Akhmerov.

“Belum ada sesuatu yang baru. Terlebih lagi, vihara pertama di Eropa dibangun di St. Petersburg – konstruksinya selesai pada tahun 1913. Ini semua berarti bahwa sebenarnya ada tradisi Agama Buddha yang sangat kuat di Rusia,” menurutnya.

Agama Buddha masuk ke Rusia di awal abad ke-17. Agama Buddha dianggap sebagai salah satu dari agama-agama tradisional Rusia, saat ini, secara hukum merupakan bagian dari warisan sejarah Rusia. Selain tradisi keviharaan bersejarah dari Buryatia, Kalmykia dan Tuva, Agama Buddha sekarang ini tersebar luas di seluruh Rusia, dengan banyak etnis Rusia yang menjadi pemeluknya.[Bhagavant, 23/8/16, Sum]

Kata kunci: , ,