Asia Tenggara » Indonesia » Seremonial

Asalha Puja 2560, Pelantunan Tipitaka di Borobudur Kembali Diadakan

Selasa, 14 Juni 2016

Bhagavant.com,
Jawa Tengah, Indonesia – Pelantunan Tipitaka (Tipitaka Chanting) secara massal dan Puja Bakti Agung Hari Raya Asalha (Asadha) di Candi Borobudur, Jawa Tengah, akan kembali digelar pada pertengahan Juli 2016.

Pelantunan Tipitaka di Candi Borobudur pada hari ke-2, Minggu (26/7/2015).
Pelantunan Tipitaka di Candi Borobudur pada hari ke-2, Minggu (26/7/2015). Foto: FB Indonesia Tipitaka Chanting

Saṅgha Theravāda Indonesia (STI) kembali menyelenggarakan Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja di pelataran Candi Borobudur pada 15 – 17 Juli 2016. Kegiatan yang diadakan menyambut Hari Raya Asalha Puja 2560 EB / 2016 tersebut kali ini mengangkat tema “Cinta Kasih Penjaga Dunia”.

Penyelenggaraan pelantunan sejumlah teks-teks kitab suci atau kanon Tipitaka dalam bahasa Pali tersebut merupakan untuk yang kedua kalinya sejak tahun 2015 yang diikuti oleh ratusan umat Buddha dari dalam maupun luar negeri.

Kegiatan yang terinspirasi dari kegiatan yang sama yang dilakukan di Mahavihara Mahabodhi, Bodh Gaya, India sejak 2005 tersebut bertujuan untuk melestarikan kebiasaan membaca kitab suci Tipitaka secara bersama-sama yang kerap dilakukan di masa silam.

Sedangkan Asalha Mahapuja merupakan puja bakti dalam rangka memperingati Hari Raya Asalha yaitu hari saat Sri Buddha membabarkan khotbah Dhamma untuk yang pertama kalinya kepada 5 orang petapa di di Migadāya (Taman Rusa) di Isipatana dekat Benares (Varanasi), setelah Ia mencapai Pecerahan Sempurna di hari purnama di bulan Vesak.

Khotbah pertama-Nya tersebut dikenal dengan nama Dhammacakkappavattana Sutta (Khotbah Pemutaran Roda Dhamma). Karena jatuh pada hari purnama di bulan Asalha (Pali: Āsāḷha; Skt: Āṣāḍha) pada penanggalan India kuno, maka hari raya ini disebut sebagai Hari Raya Asalha (Asadha).

Indonesia Tipitaka Chanting dan Asalha Mahapuja 2560 EB / 2016 yang dilakukan secara massal di Candi Borobudur ini mendapat dukungan dari organisasi-organisasi Keluarga Buddhis Theravāda Indonesia yang terdiri dari: Majelis Agama Buddha Theravāda Indonesia (MAGABUDHI), Wanita Theravāda Indonesia (WANDANI), dan Pemuda Theravāda Indonesia (PATRIA).

Para umat Buddhis yang berniat berpartisipasi dalam kedua kegiatan tersebut dapat mendapatkan informasi lebih lanjut dan mengisi formulir dengan mengunduhnya (download) di situs resmi Indonesia Tipitaka Chanting yang kini telah tersedia dalam 2 bahasa yaitu English dan Indonesia.[Bhagavant, 14/6/16, Sum]

Kata kunci: , ,