Eropa » Inggris Raya » Meditasi

Meditasi Buddhis Bantu Siswa Sekolah Hadapi Tekanan

Minggu, 25 Oktober 2015

Bhagavant.com,
Somerset, Inggris Raya – Meditasi Buddhis terbukti membantu kualitas hidup masyarakat termasuk para siswa sekolah yang menghadapi tekanan kehidupan sekolahnya.

Anak-anak bermeditasi.
Anak-anak bermeditasi. Foto: morethansound

Sekolah Norton Hill di Kota Midsomer Norton, Somerset, Inggris, menggunakan teknik meditasi Buddhis yaitu teknik meditasi satipatthana (Pali: Satipaṭṭhāna) atau disebut meditasi perhatian penuh (kesadaran penuh, mindfulness) untuk membantu para siswa di dalam mengatasi tekanan dengan lebih baik di era modern ini.

Siswa dan siswi di sekolah tersebut telah merasakan secara langsung teknik perhatian penuh yang telah ada sejak lebih dari 2.000 tahun yang lalu tersebut.

Guru Pelopor Sekolah Sehat, Craig Price, telah menghabiskan tahun terakhirnya dengan melakukan uji coba beberapa teknik selama 10 tahun, dan ia mengatakan bahwa hasilnya menjanjikan. Demikian yang dilansir Somerset Guardian, Senin (19/10/15).

Perhatian penuh atau mindfulness telah menjadi sebuah teknik meditasi yang tumbuh di dalam budaya populer saat ini, terutama karena berhubungan dengan mengurangi stres dan kecemasan, mencegah penyakit mental seperti depresi, dan meningkatkan kesehatan dan kesejahteraan umum.

Inti di balik teknik meditasi ini adalah bahwa dengan “melabuhkan” atau menetapkan perhatian kita di momen kekinian atau di saat sekarang, yang mencegah kita untuk melamun, dengan demikian mengarah pada berkurangnya kemungkinan kita mengalami gejala stres, kecemasan dan depresi.

Craig Price mengatakan, “Kesejahteraan para siswa kami adalah yang paling penting bagi kami, di dunia modern yang serba cepat dan terus berubah ini kami percaya bahwa ini adalah tugas kami untuk melengkapi para siswa kami dengan alat yang diperlukan untuk membuat keputusan yang memastikan kesehatan baik jasmani maupun pikiran.”

Sepanjang tahun selama 20 menit pertama dari mata pelajaran Kepribadian, Sosial, Kesehatan, dan Ekonomi, satu kelompok siswa berusia 10 tahun mengambil bagian dalam sebuah kegiatan meditasi perhatian penuh nonformal yang berfokus pada penggunaan indra-indra untuk menetapkan perhatian ke momen kekinian atau saat sekarang.

Para siswa menjadi sadar bagaimana tubuh bereaksi selama situasi stres, dan bagaimana perhatian penuh mampu membalikkan efek stres ini dengan pernapasan, dan bahkan mencegahnya terjadi sejak awal.

Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa 97 persen dari siswa menyatakan bahwa mereka lebih mampu mengendalikan perasaan mereka di sekolah dan mereka merasa lebih mudah untuk rileks serta menjadi tenang sebagai hasil dari mempraktikkan teknik meditasi Buddhis tersebut.

Norton Hill, yang sudah berada di garis depan dalam usaha anti rundung (anti-bullying) di Bath and North East Somerset, telah sangat dipuji oleh otoritas setempat untuk usaha mereka dengan meditasi perhatian penuh, dan atas perannya dalam meningkatkan kesehatan emosional dan kesejahteraan para siswanya.[Bhagavant, 25/10/15, Sum]

Kata kunci: