Arkeologi » Tiongkok

Taman Buddhis 1.200 Tahun Ditemukan di Tiongkok

Kamis, 16 Juli 2015

Bhagavant.com,
Chengdu, Tiongkok – Situs berupa taman Buddhis kuno berusia lebih dari 1.200 tahun ditemukan di pusat kota Chengdu, ibu kota Provinsi Sichuan, Tiongkok, demikian kata tim ekskavasi setempat pada Senin (13/7/2015).

Sisa-sisa taman Buddhis berusia lebih dari 1.200 tahun ditemukan di Chengdu, Tiongkok.
Sisa-sisa taman Buddhis berusia lebih dari 1.200 tahun ditemukan di Chengdu, Tiongkok. Foto: spanish.xinhuanet.com

Penggalian taman yang berasal dari Dinasti Tang Tiongkok (618 M – 907 M) tersebut selesai awal bulan ini di dekat sebuah situs konstruksi di pusat kota Chengdu. Seperti yang dilansir kantor berita Xinhua Senin (13/7/2015), para arkeolog menemukan 2.500 meter persegi sisa-sisa taman, termasuk sebuah kanal dengan panjang 90 meter dan sebuah kolam.

Yi Li, yang mengepalai proyek penggalian tersebut, mengatakan kepada Xinhua bahwa taman tersebut mungkin telah menjadi bagian dari sebuah lanskap buatan manusia yang berdekatan dengan sebuah vihara yang ada pada periode yang sama. Banyak pahatan Buddhis yang ditemukan di dekat vihara tersebut selama Dinasti Qing lebih dari 110 tahun yang lalu.

Tembikar dan pahatan batu Buddhis juga ditemukan dari situs tersebut. Menurut para arkeolog, taman-taman dibangun di istana kerajaan, vihara dan kediaman pribadi selama Dinasti Tang. Ditinjau dari kualitas pedesaan dari sisa-sisa gerabah tersebut, para arkeolog menyimpulkan bahwa taman tersebut milik sebuah vihara alih-alih milik kerajaan atau kediaman pribadi yang tembikarnya cenderung lebih rumit.[Bhagavant, 16/7/15, Sum]

Kata kunci: