Indonesia » Seremonial

RI 1 Akan Hadiri Waisak, 3.000 Petugas Amankan Borobudur

Bhagavant.com,
Jawa Tengah, Indonesia – Perayaan peringatan Hari Vesak (Waisak) 2559 EB / 2015 yang diadakan di Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah dan yang rencananya akan dihadiri oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), membuat keamanan di sekitar wilayah tersebut diperketat.

Candi Borobudur
Candi Borobudur

Lebih kurang 3.000 orang personel gabungan akan dikerahkan untuk memperketatk pengamanan perayaan Hari Vesak 2559 EB yang jatuh pada Selasa, 2 Juni 2015.

“Mengingat RI 1 akan hadir dalam acara seremonial Waisak, kami sudah menyiapkan pengamanan sejak hari ini. Ada lebih dari 3.000 personel gabungan baik dari Magelang maupun Yogyakarta,” ungkap Komandan Korem (Danrem) 072/Pamungkas, Kolonel Inf Stephanus Tri Mulyono, di Magelang, seperti yang dilansir Kompas.com, Minggu (31/5/2015).

Selain melibatkan aparat TNI, petugas yang dilibatkan selama pengamanan juga berasal dari satuan wilayah setempat seperti Kepolisian, pemerintah daerah, dan beberapa instansi lain sesuai ketentuan, demikian kata Stephanus.

Untuk prosesi Tri Suci Waisak 2015 sendiri, pihak Polres Magelang juga telah menyiapkan sedikitnya 1.850 orang personel polisi dari berbagai satuan. Mereka akan ditempatkan di lokasi-lokasi pelaksanaan perayaan Vesak 2559 EB di Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Seperti yang dikatakan Kepala Polres Magelang, AKBP Rifki, sejumlah personil tersebut merupakan gabungan dengan Polda Jawa Tengah, Polres Magelang Kabupaten, Polres Magelang Kota, Polres Salatiga, Kebumen, Purworejo, Temanggung, dan Wonosobo. Hal ini dilakukan untuk menjamin keamanan dan kenyamanan umat Buddha dalam menjalankan perayaan Vesak.

AKBP Rifki, menyebutkan bahwa ribuan polisi yang akan bekerja mengamankan prosesi Vesak tersebut terdiri dari penembak jitu (sniper) sebanyak satu pleton, quick respon team (QRT) satu pleton, Brimob, Dalmas, dan fungsi- fungsi terkait.

Selain memberlakukan sistem pengamanan secara terbuka dan tertutup yang salah satu tujuannya untuk menghindari kemacetan, pihak Kepolisian juga akan mengalihkan arus lalu lintas menuju lokasi upacara di Candi Mendut dan Candi Borobudur.

Kehadiran Jokowi dalam perayaan Vesak kali ini sebagai presiden merupakan untuk pertama kalinya sejak ia dilantik menjadi Presiden RI Ke-7 pada 20 Oktober 2014. Sebelumnya ia pernah menghadiri perayaan Vesak 2558 EB di Candi Sewu, ketika ia menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. [Bhagavant, 1/6/15, Sum]

Rekomendasikan:

Kategori: Indonesia,Seremonial
Kata kunci: , , ,
Penulis:
REKOMENDASIKAN BERITA INI: