Nepal » Seremonial

Rayakan Vesak 2559, Sri Lanka Kirab Relik Buddha 4 Hari

Senin, 4 Mei 2015

Bhagavant.com,
Kolombo. Sri Lanka – Umat Buddhis di Sri Lanka merayakan Hari Vesak 2559 Era Buddhis (EB) / 2015 pada hari Minggu (3/5/2015) dengan melaksanakan berbagai kegiatan, salah satunya adalah melakukan kirab relik Sri Buddha dan siswa-siswa-Nya.

Umat Buddha mempersembahkan bunga pada iring-iringan kirab relik Sri Buddha dan para siwanya dalam perayaan Vesak 2559 EB di Sri Lanka, Sabtu (2/5/2015).
Umat Buddha berjajar menunggu iring-iringan kirab relik Sri Buddha dan para siwanya dalam perayaan Vesak 2559 EB di Sri Lanka, Sabtu (2/5/2015). Foto: newsfirst.lk

Dalam rangka menyambut Vesak 2559 EB, umat Buddhis Sri Lanka melakukan kirab relik suci Buddha Gotama dan dua siswa utama-Nya, Arahant Sāriputta dan Arahant Moggallāna, selama empat hari perjalanan yang dimulai dari Vihara Kerajaan Yatihalagala di Kandy menuju ke Maha Vihara Raja Kelaniya di pinggiran Kota Kolombo dan kemudian dibawa ke Zona Vesak Sirasa, salah satu area yang disiapkan untuk perayaan Vesak di Braybrooke Place, Kolombo 2.

Prosesi kirab yang menempuh jarak sekitar 204 km tersebut dimulai dari tanggal 29 April. Umat Buddhis dalam jumlah besar berbaris di jalan-jalan untuk memberikan penghormatan kepada relik-relik suci yang melintasi semua desa dan kota sepanjang prosesi kirab. Bunga-bunga ditebarkan ke atas kendaraan pembawa relik melalui udara dengan menggunakan helikopter.

Zona Vesak yang menjadi tempat akhir perjalanan relik-relik suci tersebut berlangsung dari 3 hingga 5 Mei. Di Zona Vesak tersebut, para umat dapat menyaksikan relik suci tersebut.

Seperti yang dilansir Newsfirst Sri Lanka, Minggu (3/5/2015), di dalam Zona Vesak tersebut terdapat pandal (paviliun keagamaan) beranimasi yang menampilkan kisah yang terdapat pada Vedabbha Jataka, dan juga menampilkan kisah Arahant Sāriputta dan Arahant Moggallāna.

Selain pandal, dalam Zona Vesak tersebut juga terdapat lentera-lentera Vesak, dan paduan suara keagamaan (bhakti gee/bhakti gita). Beberapa dansala (gerai makanan gratis) juga diorganisir oleh para umat.

Sementara itu, pada hari yang sama Presiden Sri Lanka, Maithripala Sirisena dan Perdana Menteri Sri Lanka, Ranil Wickremesinghe, meresmikan dibukanya Zona Vesak Buddha Rashmi yang berada di dekat Vihara Gangaramaya, Kolombo.

Tahun ini beberapa negara di Asia merayakan Hari Vesak pada tanggal 3 atau 4 Mei, salah satunya adalah Sri Lanka.[Bhagavant, 4/5/15, Sum]

Kata kunci: , , ,