Eropa » Seremonial

Dewan Kepausan Ucapkan Selamat Vesak 2015

Sabtu, 2 Mei 2015

Bhagavant.com,
Kota Vatikan – Dewan Kepausan untuk Dialog Antaragama (DKDA) yang berdomisili di Kota Vatikan mengucapkan selamat Vesak 2015 kepada umat Buddhis yang disampaikan pada 20 April 2015 yang lalu.

Happy Vesak Day
Selamat Hari Vesak

Ucapan selamat Vesak tersebut termuat dalam pesan Vesak 2015 DKDA yang mengangat tema: “Buddhis dan Kristiani: Bersama-sama Melawan Perbudakan Modern” (Buddhists and Christians: Together to Counter Modern Slavery).

Dengan mengutip beberapa sutta dalam kitab suci Tipitaka, DKDA menyampaikan bahwa umat Buddhis dan Kristiani berbagi keyakinan bahwa perbudakan modern dan perdagangan manusia adalah kejahatan berat, luka yang terbuka pada tubuh masyarakat masa kini.

“Dalam salah satu bagian dari ‘Jalan Berunsur Delapan’ – yaitu “Penghidupan Benar” – Sri Buddha menyatakan bahwa perdagangan makhluk hidup, termasuk perbudakan dan pelacuran, adalah salah satu dari lima pekerjaan yang tidak untuk dilakukan (AN 5.177). Ia menginstruksikan bahwa harta harus diperoleh secara damai, jujur dan dengan cara legal, tanpa paksaan, kekerasan atau penipuan, dan dengan cara yang tidak menyebabkan kerusakan atau penderitaan (bdk. AN 4.47; 5.41; 8.54). Dengan cara ini, Buddhisme (Agama Buddha) mempromosikan penghormatan terhadap kehidupan dan kebebasan setiap orang,” jelas DKDA dalam pesan yang ditanda tangani oleh presidennya, Kardinal Jean-Louis Tauran.(Baca selengkapnya: Inggris)

Di akhir pesannya, Dewan Kepausan yang berurusan untuk memajukan dialog antaragama tersebut mengajak umat Buddhis dan Kristiani bekerja sama untuk mengakhiri perbudakan modern yang disebut sebagai wabah penyakit sosial. Dan mereka berdoa agar perayaan Vesak dapat menjadi sebuah waktu untuk bekerja sama mengakhiri perbudakan modern.

“Kami mengucapkan selamat Hari Vesak kepada Anda semua,” demikian pesan itu diakhiri.

Perbudakan modern menjadi perhatian khusus Vatikan pada akhir-akhir ini. Bulan Desember tahun lalu, pemimpin Buddhis yang diwakili Y.M. Bhikkhu K. Sri Dhammaratana Maha Thera dari Malaysia dan Y.M. Master Zen Thich Nhat Hanh (diwakili oleh Y.M. Bhiksuni Thich Nu Chan Khong) diundang ke Vatikan untuk ikut menandatangani deklarasi bersama membantu menghapuskan perbudakan modern. [Bhagavant, 2/4/15, Sum]

Kata kunci: , , ,