Nepal

Nepal Akan Bangun Bandara Internasional Dekat Lumbini

Kamis, 16 Januari 2014

Bhagavant.com,
Kathmandu, Nepal – Pemerintah Nepal berencana akan membangun sebuah bandar udara internasional di dekat tempat kelahiran Pangeran Siddhartha Gautama di Lumbini, sebuah kota diperbatasan Nepal dan India, dengan dukungan finansial pemerintah China.

Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu, Nepal.
Bandara Internasional Tribhuvan, Kathmandu, Nepal. Foto: wikipedia.org

Sebuah tender telah dikeluarkan untuk mengundang para peserta tender untuk membangun Bandara Internasional Buddha Gautama (Gautam Buddha International Airport) di Siddharthanagar (Bhairahawa) dekat perbatasan Nepal-India, demikian kata Sekretaris Kementerian Pariwisata Nepal, Sushil Ghimire.

Dalam proyek tersebut Nepal berencana untuk membangun sebuah “zona pengembangan khusus” untuk mengubah kota Lumbini menjadi pusat pariwisata, ziarah dan pendidikan menyeluruh. Press Trust of India mengabarkan pada Kamis (9/1/2014).

Mega proyek senilai 3 miliar dolar Amerika tersebut dikabarkan didukung secara finansial oleh pemerintah China.

Bandara baru tersebut rencananya akan berfungsi sebagai alternatif untuk Bandara Internasional Tribhuvan (Tribhuvan International Airport) di Kathmandu, bandara internasional satu-satunya di negara tersebut, demikian kata Ghimire.

Landasan pacu Bandara Internasional Tribhuvan baru-baru ini mengalami sejumlah keretakan sehingga membatalkan beberapa penerbangan. Keretakan tersebut disebabkan oleh terlalu banyaknya penerbangan yang dioperasikan dari bandara tersebut.

Pemerintah Nepal berencana untuk merampungkan bandara baru tersebut pada bulan Juni 2017, demikian kata Sekretaris Kementerian Pariwisata Nepal tersebut.[Bhagavant, 16/1/14, Sum]

Kata kunci: