Rusia

Buddhis Rusia Songsong Api Olimpiade Sochi 2014

Minggu, 24 November 2013

Bhagavant.com,
Moskow, Rusia – Buddhis Russia termasuk para bhiksu menyongsong kedatangan api Olimpiade Musim Dingin 2014 saat obor api tersebut melewati jalan-jalan di kota Chita, Siberia Timur, pada Kamis (21/11/2013).

Vihara Ivolga (Ivolginsky Datsan) yang dilewati api Olimpiade Sochi 2014. Foto; wikipedia.org.
Vihara Ivolga (Ivolginsky Datsan) yang dilewati api Olimpiade Sochi 2014. Foto; wikipedia.org.

Obor api Olimpiade Musim Dingin 2014 (Olimpade Sochi) telah tiba di Zabaikalsky Krai, salah satu dari enam wilayah Rusia di mana Buddhisme menyebar luas, dan jalan yang dilalui obor tersebut dekat dengan Vihara Damba Braibunling. RIA Novosti melaporkan pada Kamis (21/11).

Sebuah kereta khusus kemudian membawa api tersebut ke Ulan-Ude, ibukota Republik Buryat, di mana api tersebut akan berkunjung di Ivolginsky Datsan (Vihara Ivolga), sebuah vihara sentral Buddhis pertama di masa Uni Soviet setelah Perang Dunia II, yang menandakan kelahiran kembali agama Buddha di negara tersebut.

Datsan adalah sebuah istilah untuk vihara universitas dalam tradisi Gelug dari Buddhisme Tibet yang berlokasi di seluruh Mongolia, Tibet dan Siberia.

Perjalanan estafet obor untuk Olimpiade Musim Dingin 2014 di Sochi pada 7-23 Februari tersebut dimulai di Lapangan Merah, Moskow pada 7 Oktober 2013. Obor tersebut akan berkeliling ke seluruh 83 wilayah Rusia dengan menempuh jarak 56 ribu kilometer.[Bhagavant, 24/11/13, Sum]

Kata kunci: ,