Indonesia » Malaysia » Seremonial » Taiwan

Tzu Chi Dunia Rayakan Vesak 2013, Hari Tzu Chi dan Hari Ibu

Selasa, 14 Mei 2013

Yayasan Buddha Tzu ChiBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Sekitar 3.500 orang berkumpul di halaman Aula Jing Si, Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, Indonesia, untuk merayakan Hari Vesak 2557, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia Ke-47, pada Minggu, 12 Mei 2013.

Dengan mengangkat tema global: ”Membalas Budi Baik Buddha, Membalas Budi Baik Orang Tua, dan Membalas Budi Baik Semua Makhluk”, perayaan yang berlangsung pada pukul 17.00 – 19.00 WIB ini selain dihadiri oleh para relawan Tzu Chi, staf misi Tzu Chi, donatur, dan masyarakat umum lintas agama, juga dihadiri oleh 18 anggota sangha bhiksu, bhiksuni dan bhikkhu.

Saat perayaan dimulai, sebanyak 960 orang relawan Tzu Chi melakukan formasi baris sehingga nampak dari atas membentuk gambar daun bodhi. Dalam perayaan Vesak tersebut para peserta yang hadir melakukan kegiatan puja bakti khas Tzu Chi yaitu dengan melakukan prosesi simbol ”pemandian” rupaka kaca akrilik (lucite) yang di sebut The Great Awakened One of Universe (宇宙大覺者, Yǔzhòu dà jué zhě, Samasta Maha Bodhi).

Sekitar 3500 orang merayakan Vesak 2557 di Aula Jing Si Tzu Chi, di PIK, Jakarta, Minggu (12/5). Foto: Tzuchi.or.id
Sekitar 3500 orang merayakan Vesak 2557 di Aula Jing Si Tzu Chi, di PIK, Jakarta, Minggu (12/5). Foto: Tzuchi.or.id

Saat prosesi ”pemandian” rupaka kaca akrilik berlangsung, para peserta berjalan dengan hormat dalam sebuah barisan yang rapi menuju altar yang berasap tipis di sekeliling sebuah kolam kecil berair wangi. Di depan altar berhiaskan rupaka kristal ini para peserta secara bergantian membungkukkan badan menyentuhkan tangan ke air wangi dalam wadah dan menangkupkan tangan di depan dada.

Bagi para peserta yang senior (lanjut usia) dan anak-anak, para relawan mendampingi mereka dalam prosesi ”pemandian” rupaka tersebut di dalam ruangan agar mereka dapat mengikuti acara dengan tenang.

Sementara itu di hari yang sama di Petaling Jaya, Malaysia, selain merayakan Vesak 2557 dan Hari Ibu Internasional, para insan Tzu Chi juga memperingati hari berdirinya Tzu Chi Malaysia yang ke-20 di Stadion Kelana Jaya.

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh ribuan peserta dan relawan Tzu Chi yang membentuk formasi barisan di tengah stadion yang menampilkan logo Tzu Chi dan huruf ”TZ 20” untuk menandakan peringatan ke-20 berdirinya Tzu Chi Malaysia.

Diiringi hujan, Tzu Chi rayakan Vesak 2013 di Balai Peringatan Chiang Kai-shek, Taipei, Taiwan, Minggu (12/5). Foto: tw.tzuchi.org
Diiringi hujan, Tzu Chi rayakan Vesak 2013 di Balai Peringatan Chiang Kai-shek, Taipei, Taiwan, Minggu (12/5). Foto: tw.tzuchi.org

Diiringi dengan langit mendung kemudian hujan, kegiatan ”pemandian” rupaka Maha Bodhi dalam peringatan Vesak 2013, Hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia di tanah kelahiran Tzu Chi di Taiwan, secara nasional dipusatkan di Aula Konser Nasional dan Teater Nasional di Balai Peringatan Chiang Kai-shek (Chiang Kai-shek Memorial Hall), Taipei, Taiwan.

Formasi Dharmacakra peringatan Vesak 2013 oleh Tzu Chi Taiwan, di Aula Konser Nasional, di Balai Peringatan Chiang Kai-shek . Foto: tw.tzuchi.org
Formasi Dharmacakra peringatan Vesak 2013 oleh Tzu Chi Taiwan, di Aula Konser Nasional, di Balai Peringatan Chiang Kai-shek . Foto: tw.tzuchi.org

Kegiatan tersebut dihadiri Presiden Taiwan Ma Ying-jeou yang sejak tahun 2010 telah menghadiri acara tersebut selama 4 tahun berturut-turut, Wakil Presiden Wu Den-Yih, Ketua Parlemen Wang Jin-pyng, para menteri, para duta besar, sekitar 400 bhiksu-bhiksuni dan berbagai lapisan masyarakat yang secara keseluruhan sekitar sekitar 30 ribu orang berpartisipasi dalam perayaan tersebut dengan memanjatkan aspirasi untuk dunia yang damai dan bebas dari bencana.

Dengan tema yang sama ”Membalas Budi Baik Buddha, Membalas Budi Baik Orang Tua, dan Membalas Budi Baik Semua Makhluk”, kegiatan akbar tersebut dilaksanakan pada pukul 18.00 waktu setempat diawali dengan prosesi ”pemandian” di altar utama dan kemudian langsung dilanjutkan pada pukul 19.30 dengan prosesi puja di altar-altar yang terdapat sekitar 1.000 rupaka Maha Bodhi yang mewakili Buddha yang bersimpati terhadap penderitaan semua makhluk di dunia. Dalam prosesi ini para peserta berbaris dengan rapi melakukan puja dengan membungkuk badan dan menyentuhkan tangan ke dalam air di dalam wadah dan merangkapkan tangan beranjali.

Dipimpin oleh para bhiksu, para umat Buddha melantunkan sutra dan pujian nama Buddha dengan khidmat dan berlangsung sekitar satu jam.

Tampak (tengah) Presiden Taiwan Ma Ying-jeou hadir dalam perayaan Vesak 2013 oleh Tzu Chi (12/5). foto tw.tzuchi.org.
Tampak (tengah) Presiden Taiwan Ma Ying-jeou hadir dalam perayaan Vesak 2013 oleh Tzu Chi (12/5). Foto tw.tzuchi.org.

Dalam kesempatan tersebut para peserta dan relawan Tzu Chi yang terdiri dari 6.000 berbaris dengan formasi barisan yang membentuk 3 lapis lingkaran konsentris yang melambangkan dharmacakra (roda dharma). Dan di depan Balai Peringatan Chiang Kai-shek para peserta membentuk formasi barisan yang membentuk tulisan ”Tzu Chi” dan ”47”, serta gambar daun bodhi dan kapal.

Perayaan three in one, yang memperingati Hari Vesak, hari Ibu Internasional, dan Hari Tzu Chi Sedunia, dilaksanakan setiap tahun oleh para insan Tzu Chi pada setiap minggu kedua di bulan Mei. Perayaan ini dilaksanakan oleh seluruh cabang Yayasan Buddha Tzu Chi yang berada di 47 negara di dunia.[Bhagavant, 14/5/13, Sum]

Kata kunci: ,