Indonesia » Sains » Seremonial

Fenomena Gerhana Bulan Penumbra Di Vesak 2013

Jumat, 3 Mei 2013

selamat-vesakBhagavant.com,
Jakarta, Indonesia – Berbeda dengan Vesak tahun lalu saat angkasa dipenuhi fenomena indah seperti hujan meteor dan supermoon, Vesak 2013 atau 2557 Era Buddhis yang akan jatuh pada tanggal 25 Mei 2013 ini, angkasa akan menampilkan fenomena yang berbeda, yaitu gerhana bulan penumbra.

Seperti yang dipulikasikan oleh Observer’s Handbook: 2013, Royal Astronomical Society of Canada dan situs NASA, fenomena gerhana bulan penumbra akan muncul pada tanggal yang bertepatan dengan peringatan Trisuci Vesak tahun ini.

Meskipun gerhana bulan penumbra akan terjadi, namun gerhana tersebut hanya akan dapat disaksikan di wilayah benua Amerika dan sebagian benua Afrika. Sedangkan wilayah benua Asia (termasuk Indonesia) dan Australia itdak dapat menyaksikan fenomena ini.

Gerhana bulan penumbra tidak dapat disaksikan di wilayah berwarna gelap. Gbr: Nasa.org
Gerhana bulan penumbra tidak dapat disaksikan di wilayah berwarna gelap. Gbr: Nasa.org

Sebelumnya, pada tanggal 25 April 2013 lalu, sebagian besar Asia dan sebagian wilayah Indonesia dapat menyaksikan fenomena gerhana bulan sebagian.

Pada tanggal 18-19 Oktober 2013, sebagian wilayah Asia termasuk sebagian Indonesia akan dapat melihat gerhana bulan penumbra meskipun tidak jelas.

Gerhana bulan penumbra merupakan gerhana bulan yang terjadi akibat tertutupnya penampakan bulan oleh bayangan tipis atau kabur dari bumi. Dengan kata lain, bulan akan masih terlihat meskipun tampak dengan cahaya yang suram.

Berdasarkan siklus Soros, sebuah siklus gerhana bulan dan matahari yang berperiode sekitar 6.585,3 hari (18 tahun 11 hari 8 jam), gerhana bulan penumbra yang terjadi tanggal 25 Mei 2013 mendatang merupakan awal dari seri periode gerhana bulan yang disebut dengan Soros 150. Seri gerhana bulan tersebut akan berakhir pada gerhana bulan penumbra yang akan terjadi pada tahun 3275. Setiap seri siklus Soros berlangsung 12 hingga 15 abad dan berisi 70 atau lebih gerhana bulan.[Bhagavant, 3/5/13]

Kata kunci: ,