Arkeologi » Asia Tenggara » Indonesia

Borobudur Masuk Rekor Dunia Guinness

Rabu, 4 Juli 2012

Candi Borobudur - Jawa TengahBhagavant.com
Jakarta, Indonesia – Rekor Dunia Guinness atau Guinness World Records secara resmi mencatat Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah, sebagai situs arkeologis candi Buddhis terbesar di dunia.

“Borobudur secara resmi diakui oleh Guinness World Records di London, Inggris, sebagai situs arkeologis Buddhis terbesar di dunia, dengan nomer klaim 396-198,” demikian kata Purnomo Siswo Prasetyo, Direktur Utama PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan Ratu Boko, di Gedung Sapta Pesona, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Medan Merdeka, Jakarta, Rabu (4/7).

Purnomo menjelaskan bahwa Guinness World Records menempatkan Borobudur dalam daftar catatannya pada 27 Juni 2012, dan ia mendapatkan sebuah sertifikat resmi dari Guinness. Sedangkan proses registrasi atau pendaftarannya sendiri untuk memperoleh pengakuan tersebut membutuhkan waktu selama tiga bulan.

“Proses pencatatan ini berlangsung selama tiga bulan. Untungnya, Borobudur sudah ada di catatan mereka sehingga tidak memerlukan proses panjang,” jelas Purnomo menambahkan.

Dengan adanya pencatatan secara resmi oleh Guinness World Records terhadap Candi Borobudur, Purnomo berharap dapat meningkatkan promosi situs Buddhis tersebut di dunia internasional.

Dalam situs resmi Guinness World Records, tercantum nama Borobudur sebagai candi Buddhis terbesar. Dalam keterangannya dijelaskan bahwa Borobudur adalah candi Buddhis terbesar di dunia, berada di Yogyakarta, Jawa Tengah, Indonesia, dibangun antara tahun 750 dan 842. Struktur batu berjumlah 60.000 meter kubik terdiri dari tinggi 34,5 meter, dan ukuran dasar 123 x 123 meter.

Pada tahun 1991, Borobudur tercantum dalam daftar Warisan Dunia UNESCO.[Bhagavant, 4/7/12, Sum]

Kata kunci: ,